Pemprov Lampung Gelar Musabaqah Tilawatil Quran ke-47

gomuslim.co.id - Provinsi Lampung kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 Provinsi Lampung pada tanggal 27 April sampai 2 Mei 2019. Acara dipusatkan di Islamic Center Tulang Bawang Barat, sebuah bangunan megah yang diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Tahun 2016.

Dalam kesempatan ini, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mewakili Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, Dirjen mengatakan, MTQ merupakan perhelatan akbar di tanah air yang penyelenggeraannya dilaksanakan oleh Pemerintah bersama masyarakat dan partisipasi lembaga-lembaga keagamaan.

"Penyelenggaraan MTQ merupakan momentum menumbuh-kembangkan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathoniyah serta ukhuwah basyariyah untuk membangkitkan semangat dan kesadaran umat Islam, terutama generasi muda, untuk membaca dan mempelajari kitab suci Alquran sebagai pedoman hidup, dan selanjutnya memahami serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari," lanjutnya, Sabtu (27/04).

Dirjen berharap MTQ dapat menjadi stimulan untuk melahirkan generasi qari/qariah dan hafizh/hafizhah terbaik yang nantinya dapat mengharumkan nama baik dan untuk memotivasi segenap muslim di Lampung untuk senantiasa meningkatkan kemampuan seni baca Alquran.

 

Baca juga:

Pemenang MTQ Tingkat Internasional di Arab Saudi Ini Terima Hadiah dari Gubernur Banten

 

Selain itu, Dirjen juga mengingatkan, bahwa peran agama sangat dibutuhkan dalam menjaga kestabilan hidup manusia. Alquran kitab suci umat Islam dan sumber cahaya peradaban memberi petunjuk jalan lurus menuju kebahagiaan bagi seluruh bangsa dan umat manusia.

"Mari kita jadikan MTQ sebagai suntikan energi bagi umat Islam Indonesia untuk membumikan Al-Quran dalam kehiduapan sehari-hari seorang muslim," ajak Dirjen.

Pada kesempatan ini, Dirjen mengajak para ulama dan umara untuk membimbing dan meluruskan pemahaman agama umatnya dengan sebaik-baiknya. "Keseriusan kita dalam menangkal dan menangani radikalisasi agama, tetapi bukan berarti mengurangi atau mengesampingkan perhatian kita untuk memperkuat bangunan akidah dan amaliah umat," tandasnya.

Tampak hadir pada acara tersebut, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, YM Dr Zuhair Alshun, Gubernur Provinsi Lampung M. Ridho Ficardo, anggota DPRD Provinsi Lampung, para Walikota dan Bupati se Provinsi Lampung, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung, para Alim Ulama, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat. (rilis/bimasislam/dbs)

 

Baca juga:

Bayt Alquran dan Museum Istiqlal Gelar Pameran Kaligrafi di TMII


Back to Top