#Ramadhan2019

Lazismu Launching Program Ramadhan 1440 H

gomuslim.co.id – Lembaga Amil Zakat Nasional Muhammadiyah (Lazismu) terus berkomitmen memberikan layanan terbaik dan meningkatkan program pendayagunaan yang tepat sasaran. Menyambut bulan puasa tahun ini, Lazismu meluncurkan program bertajuk ‘Ramadhan Mencerahkan’.

Direktur Utama Lazismu, Hilman Latief mengatakan, tema ini didasari pada nilai-nilai Islam yang pengejawantahannya menjunjung tinggi prinsip amanah, adil, ihsan dan kasih sayang dengan etika welas asih.

“Seiring dengan Ramadhan tahun ini, Lazismu ingin mewujudkannya sebagai bentuk mengaplikasikan nilai-nilai spiritual, sosial dan edukasi dalam bingkai filantropi Islam. Ramadhan Mencerahkan dilaksanakan secara nasional di seluruh kantor wilayah, daerah serta kantor layanan Lazismu di Indonesia. Intinya berbagi kebahagiaan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujarnya.

Hilman menyebut, spirit Ramadhan mencerahkan mengandung tiga makna yakni mencerahkan secara spiritual, mencerahkan secara sosial-ekonomi dan mencerahkan untuk kemanusiaan.

Program Lazismu terdiri dari pendidikan, kesehatan, sosial dakwah dan kemanusiaan dan ekonomi. Lazismu berkeyakinan bahwa melalui program-program itulah pendistribusian dan pendayagunaan program memiliki nilai tambahnya bagi para penerima manfaat dan mitra strategis Lazismu.

Selain peluncuran program Ramadhan, Hilman menambahkan bahwa Lazismu juga akan menyosialisasikan kemudahan pembayaran zakat, infak dan sedekah secara online (digital). Terkait hal ini, pihaknya sudah bekerjasama dengan mitra strategis yang bergerak pada payment gateway terbaik di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Manager Program Lazismu, Falhan Nian Akbar, mengatakan, Lazismu akan meresmikan Gudang Kemanusiaan yang bekerjasama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). “Gudang ini merupakan sarana untuk mengumpulkan dan mendistribusikan instrument bantuan kemanusiaan jika bencana terjadi,” jelasnya.

 

Baca juga:

Lazismu Sulsel Gandeng Gojek dan Gopay Gelar Seminar Kewirausahaan

 

Falhan menambahkan, pada bulan Ramadhan ini Lazismu juga menambah kesemarakannya dengan kegiatan nasional seperti Back to Masjid, Indonesia Mobile Clinic (IMC), Kado Ramadhan dan MudikMu Aman.

Sementara itu, PR Manager Lazismu, Nazhori Author menerangkan bahwa Masjid merupakan pusat pemberdayaan dan dakwah sosial yang harus diperhatikan, terutama di kawasan terpencil, tertinggal dan terdepan serta kantong-kantong kemiskinan baik di yang ada di desa dan di kota dengan target nasional sebanyak 78 masjid.

“Tradisi mudik di Indonesia merupakan aktivitas rutin yang perlu mendapat perhatian. Sehingga itikad Lazismu menyiapkan 80 posko layanan mudik nasional bagi pemudik yang merasa lelah dan memerlukan keamanan beristirahat selama perjalanan menjadi program unggulan sejak tahun 2017 sampai sekarang,” ujarnya.

Di samping program-program Ramadhan itu, Lazismu juga akan menyalurkan bantuan kepada guru-guru yang bekerjasama dengan Alfamart melalui program Peduli Guru dan bantuan peralatan sekolah (School Kit).

Author mengungkapkan bahwa Lazismu juga menyediakan layanan kesehatan melalui program nasional Indonesia Mobile Clinic dengan target penerima manfaat selama Ramadhan 10.900 jiwa. Sedangkan program Kado Ramadhan merupakan aksi kepedulian selama bulan suci untuk meringankan kebutuhan hidup masyarakat yang duafa saat menunaikan ibadah puasa dan menyambut hari lebaran dengan target nasional 366.518 penerima manfaat.

Lazismu sebagai lembaga amil zakat nasional resmi dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 730 tahun 2016 tentang Pemberian Izin Kepada Lazis Muhammadiyah Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional pada 14 Desember 2016 yang telah tumbuh dan berkembang hingga memiliki lebih dari 195 lebih gerai kantor layanan di seluruh Indonesia. (jms/lazismu)

 

Baca juga:

Lazismu Lamongan Berikan Bantuan pada Pasien Penyakit Athresia Ani dengan Program One Click One Care


Back to Top