Lazisnu Terapkan Sedekah Masyarakat dengan Kaleng

gomuslim.co.id – NU-Care Lazisnu Jombang, Jawa Timur melalui Gerakan Jombang Bersedekahnya saat ini sudah memiliki ribuan penderma (munfiq) atau donatur. Melalui para donator, Lazisnu terapkan program sedekah melalui kaleng kotak, yang kemudian setelah terisi penuh, warga NU mengembalikan kaleng tersebut kepengurus.

Diceritakan Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang, Ahmad Zainudin, para donatur sudah merasakan manfaat tersendiri. Salah satunya kaleng koin sedekah tersebut mampu menjadi obat atas kerisauan masyarakat yang bingung ingin bersedekah.

"Banyak sebutan untuk kaleng sedekah ini dari warga. Di antaranya kaleng anti galau, banyak sudah yang membuktikan, ketika hatinya resah, gelisah maka cara menyelesaikannya adalah dengan bersedekah melalui kaleng ini dengan sejumlah uang, sambil berdoa supaya gelisahnya hilang," katanya, Senin (29/04/2019).

 

Baca juga:

Sambut Ramadhan, LAZISNU Gelar Program Koin Peduli Yatim dan Dhuafa


Sementara itu, manfaat lain juga dirasakan oleh salah seorang donatur yang berdomisili di Jombang bagian Selatan yang memiliki aktifitas keseharian sebagai penjual es.

Kepada pria yang kerap disapa Gok Din ini ia bercerita setiap akan berangkat jualan selalu menyempatkan diri mengisi kaleng koin sedekah di rumahnya, sembari membaca fatihah dengan berharap kepada Allah SWT supaya dilancarkan usahanya.

"Alhamdulillah ini menambah keyakinan dan ketenangan jiwa dalam bekerja, laku tidak laku insya Allah saya tenang. Dan sangat amat jarang dagangan saya tidak laku bila memulai dengan ritual seperti itu," tuturnya.

Gok Din mengaku, dirinya kerap kali mengimbau kepada para donatur agar setiap mengisi kaleng dibarengi dengan doa-doa sembari berharap segala hajatnya dikabulkan oleh Allah SWT.

"Setiap bertemu munfiq, saya mengatakan jika setelah shalat Subuh bersedakahlah di kaleng sedekah ini, sambil berdoa apa yang menjadi hajat kita di hari ini diberikan keberhasilan, apa itu tentang keluarga, anak, pekerjaan dan lain sebagainya," ujarnya.

Aktivitas yang diawali dengan bersedekah, imbuh dia, akan lebih berkah. "Insyaallah keberkahan akan selalu menaungi aktifitas kita," tambah Gok Din.

Bagi masyarakat yang juga ingin menjadi donatur, bisa langsung berkoordinasi dengan pengurus LAZISNU Jombang. Sejumlah donasi akan digunakan untuk beberapa program. Di antaranya santunan anak yatim, modal usaha para dhuafa, beasiswa santri tahfidz, bantuan pengobatan warga serta kegiatan lain dalam bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian dan tanggap bencana.

"Dapatkan kaleng sedekah seharga 10 ribu dan tiap bulan petugas kami akan datang mengambil sedekah donatur untuk digunakan kegiatan-kegiatan itu," pungkasnya. (hmz/lazisnu/nu)

 

 

Baca juga:

Jamaah Pengajian di Melbourne Salurkan Donasi Lewat LAZISNU


Back to Top