Komunitas Muslim Texas Rayakan Open House Ramadhan

gomuslim.co.id - Pusat Komunitas Muslim Austin Utara di Texas, Amerika Serikat merayakan 'Open House Ramadhan' akhir pekan lalu. Perayaan tetap dilakukan meskipun korban jatuh dari beberapa serangan yang menargetkan masjid mereka baru-baru ini.

“Alih-alih menjadi picik dan hanya peduli tentang keyakinan kita sendiri, kita perlu melihat bahwa teroris menyerang kita semua, sebagai orang beriman. Itu sebabnya masjid membuka pintu, sehingga orang dari semua agama bisa saling belajar," kata Imam Islam Mossad seperti dilansir dari publikasi CBS Austin, Senin (29/4/2019).

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Selama bulan suci ini, semua amal mulai puasa, amal baik dan doa diyakini akan bernilai ganjaran berlipat ganda.

Sehubungan dengan ajaran Syariah Islam ini, Pusat Komunitas Muslim Austin Utara menyelenggarakan acara 'open house Ramadhan' setiap tahun untuk menyiapkan kantong makanan amal untuk keluarga yang membutuhkan sebelum Ramadhan.

Persiapan dan perayaan dilakukan di tengah serangan teroris baru-baru ini dan berkelanjutan terhadap komunitas Muslim di Texas yang dilakukan oleh teroris Islamofobia dari leluhur Eropa.

Baru minggu ini, masjid Pusat Komunitas Muslim Austin Utara menjadi target dalam percobaan pembakaran. Seorang teroris Islamofobik keturunan Eropa tertangkap di video pengawasan yang menuangkan bensin dan kemudian menyalakan kertas di atas api.

Akhir musim panas lalu, masjid itu juga diserang dengan serangkaian aksi terorisme dan vandalisme. Tidak ada yang ditangkap dalam kasus-kasus itu, tetapi Mossad mengatakan hal itu tidak akan kembali.

“Bagi kami sebagai Muslim, merupakan tragedi melihat komunitas agama mana pun diserang. Tempat-tempat suci disucikan dan mereka ada di sana untuk dihormati,” ungkap Mossad yang merefleksikan penembakan sinagog baru-baru ini di California Selatan di mana tersangka sedang diselidiki untuk pembakaran di sebuah masjid awal bulan ini.

 

Baca juga:

Sambut Musim Dingin, Warga Muslim Texas AS Gelar Aksi Sosial Bantu Tunawisma

 

Islam di Texas

Muslim di Texas sebagian besar tinggal di pusat-pusat kota negara bagian Amerika. Pada tahun 1990, populasi Islam adalah sekitar 140.000 dengan angka-angka yang lebih baru menempatkan jumlah Muslim saat ini antara 350.000 dan 400.000.

Menurut perkiraan 2018, Texas memiliki total populasi 28.701.845. Sensus nasional Amerika baru-baru ini menempatkan Texas sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar ke-5 di negara ini.

Ramadhan adalah bulan ke 9 dari kalender Islam Hijriah dan diamati oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai bulan puasa untuk memperingati wahyu pertama Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad (SAW).

Selama puasa Ramadhan dari fajar hingga matahari terbenam, umat Islam menahan diri dari mengkonsumsi makanan, minum cairan, merokok, dan terlibat dalam hubungan seksual. Orang-orang Muslim juga diperintahkan untuk menahan diri dari perilaku berdosa yang dapat meniadakan ganjaran puasa, seperti ucapan salah (menghina, mencaci maki, mengutuk, berbohong) dan berperang kecuali untuk membela diri. (jms/cbs Austin)

 

Baca juga:

Komunitas Persaudaraan Mahasiswi Muslim Resmi Dibentuk di Universitas Texas AS


Back to Top