Promosi Produk Halal, Indonesia Ikuti Russia-Islamic World Kazan Summit 2019

gomuslim.co.id - Indonesia untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam XI International Economic Summit “Russia-Islamic World: KazanSummit 2019” untuk memperluas pasar produk halal Indonesia di Rusia yang berlangsung di Kazan, ibukota Republik Tatarstan, Federasi Rusia. Indonesia mengikuti serangkaian kegiatan yakni Russia Halal Expo, Indonesia-Russia Business Forum, Kazan Modest Fashion Show, Forum of Young Diplomats of the OIC Countries, kata Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana.

Antusiasme Indonesia untuk menembus pasar industri halal Rusia itu ditandai dengan hadirnya tujuh perusahaan Indonesia yang ikut meramaikan Paviliun Indonesia seluas 100 m2 yang terletak di pintu masuk tempat pameran yang sangat strategis. Ketujuh perusahaan Indonesia tersebut bergerak di bidang produk makanan, kosmetik dan busana muslim (fashion), yaitu Indofood, Garudafood, Mayora (produsen Torabika), Incofood (produsen Indocafe), Paragon Technology & Innovation (produsen Wardah cosmetics), Shafira, dan IRD by Indriya R. Dani.

 

Baca juga:

Bidik Pasar Global, Pameran Halal Matrade Malaysia Terus Tumbuh Sejak 2004

 

Produk Indofood dan Torabika telah memasuki pasar Rusia, sementara Indocafe, produsen baju Muslim Shafira dan kosmetik halal Wardah baru menjajagi pasar Rusia yang sangat potensial. Paviliun Indonesia yang tampil menonjol menjadi perhatian pengunjung. Perhatian tidak hanya dari pelaku bisnis yang ingin mengetahui peluang kerja sama dengan Indonesia dan produk-produk Indonesia, tetapi juga masyarakat umum lainnya yang ingin mendapatkan informasi tentang produk Indonesia.

Presiden Republik Tatarstan, Rustam Minnikhanov saat mengunjungi Paviliun Indonesia menyambut baik kehadiran Paviliun Indonesia dan berharap hadirnya pengusaha Indonesia akan semakin meningkatkan nilai perdagangan kedua pihak. Dubes Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus Wahid Supriyadi mengatakan peran aktif pelaku usaha Indonesia diperlukan dalam upaya menembus pasar Rusia yang sangat besar. Diharapkan dari Tatarstan produk halal Indonesia dapat menembus wilayah Rusia lainnya yang mayoritas penduduknya beragama Islam, seperti Dagestan, Chechnya, dan Bashkorstortan.

Kazan Summit 2019 diikuti lebih dari 3.600 peserta dari 72 negara dan 38 negara bagian Rusia. Sementara itu pada Russia Halal Expo tercatat 98 exhibitor halal dari delapan negara, seperti negara-negara pecahan Uni Soviet, Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, Turki, Malaysia, Rusia dan Indonesia.

Selama pelaksanaan Kazan Summit 2019 ditandatangani 32 perjanjian yang salah satunya adalah Memorandum of Understanding antara Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) dengan Tatarstan Investment Development Agency (TIDA) yang masing-masing ditandatangani Ketua IHLC Sapta Nirwandar dan Ketua TIDA Taliya Minullin. Kedua pihak sepakat menjalin kerja sama saling menguntungkan di bidang halal lifestyle. (nov/antaranews/gomuslim)

 

Baca juga:

Taiwan Incar Pasar Produk Halal Jawa Timur


Back to Top