18 Masjid Massachusetts Gelar Kampanye Open Mosque Day 2019

gomuslim.co.id - Untuk tahun ketiga berturut-turut, 18 masjid di seluruh Massachusetts, AS, mengambil bagian pada tanggal 28 April di 'Open Mosque Day' tahunan untuk mendorong maju hidup berdampingan secara damai antara berbagai komunitas agama di Amerika, NECN melaporkan.

“Mengundang tetangga untuk melihat seperti apa masjid itu membantu meruntuhkan tembok di antara kelompok-kelompok agama yang berbeda,” percaya penyelenggara acara, Martin Bentz.

Para pendukung acara antaragama ini menjelaskan bahwa perayaan mereka dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada anggota masyarakat untuk bertemu dengan tetangga Muslim mereka dan melihat citra Islam yang sebenarnya jauh dari propaganda media Islamofobia.

Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) -Massachusetts dan Dewan Islam New England mengumumkan bahwa pengunjung akan memiliki kesempatan untuk mengunjungi masjid, mendengar pengantar singkat tentang Islam, dan mengamati layanan doa Muslim.

“Acara masjid terbuka umumnya akan berlangsung antara 3 dan 6 malam. di 18 masjid yang berbeda di Persemakmuran Massachusetts,” kata Bentz.

Untuk diketahui, Massachusetts adalah negara bagian terpadat di wilayah New England di Amerika Serikat bagian timur laut. Itu dinamai suku asli Amerika Massachusett, yang pernah mendiami sisi timur daerah tersebut.

Menurut perkiraan 2018, Massachusetts memiliki total populasi 6.902.149 orang, di mana Muslim mewakili 1,2% dari mereka. Masjid-masjid yang berpartisipasi dalam acara ini berlokasi di seluruh negara bagian, termasuk di Boston, Cambridge, Worcester, Framingham, Chelmsford, Lynn, Hadley, Quincy, Sharon, Dartmouth, Wayland, Medford, Chelsea, Haverhill, Springfield Barat, dan Malden. Visit My Mosque Day diadakan setiap tahun di sejumlah negara termasuk Australia, Inggris, Norwegia, dan Prancis.

Di Inggris, ini pertama dimulai pada Februari 2015, dengan sekitar 20 masjid ikut serta. Lebih banyak masjid diharapkan mendaftar untuk acara tahun ini, melihat pertumbuhan dari 200 masjid pada 2018 dan 150 masjid pada 2017. Di Kanada, Visit My Mosque Day pertama kali diadakan pada Oktober 2017.

Sebelumnya, pada Oktober tahun lalu, sekitar 100.000 non-Muslim mengunjungi lebih dari 900 masjid di seluruh Jerman. Selama acara tersebut, para imam di 900 masjid Jerman memberikan presentasi tentang agama dan budaya Islam dan menjawab pertanyaan pengunjung. (fau/aboutislam/dbs)

 

Baca juga:

Pasca Tragedi Penembakan, Islamic Center Ini Gelar Open Mosque Day untuk Kenalkan Islam pada Warga Selandia Baru


Back to Top