Sambut Ramadhan, Yakesma Luncurkan Program ‘Bersyukur dengan Zakat’

gomuslim.co.id - Yayasan Kesejahteraan Masyarakat (Yakesma) meluncurkan program Ramadhan bertema ‘Bersyukur dengan Zakat’, Kamis (2/5/2019). Lewat program ini, Yakesma mengajak umat Islam untuk senantiasa mewujudkan syukur dengan menunaikan zakat, infak dan sedekah di bulan suci.

Ketua Program Yakesma, Zulfikar Auliya mengatakan pada Ramadhan tahun ini, Yakesma menargetkan jumlah penerima manfaat (PM) mencapai 15 ribu orang. Target tersebut terbagi dalam enam program yang digulirkan Yakesma.

“Ramadhan ini, kita ada program Kado Lebaran Guru Ngaji (4000 jiwa), Voucher Belanja Ibu Yatim (580 jiwa), Yatim Care (sesuai permintaan), Ifthor Berkah (8000 jiwa), Renovasi Rumah Dhuafa (80 rumah) dan Lapak Takjil Ramadhan (50 jiwa),” ujarnya di Café Kemang 89, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, Zulfikar menjelaskan khusus untuk renovasi rumah dhuafa, Yakesma akan memfokuskan bantuan untuk korban bencana di empat titik yang sudah ditentukan. Diantaranya Banten, Lampung Selatan, Lombok, dan Sulteng (Palu, Sigi dan Donggala).

“Adapun, program lapak takjil Ramadhan, ini adalah bantuan usaha untuk dhuafa selama Ramadhan. Jadi beri pemantik untuk usaha mereka dengan harapan usaha ini terus berlanjut meski Ramadhan selesai,” katanya.  

Menurut Zulfikar, program yang menjadi pembeda dengan lembaga lain adalah Yakesma selalu memberikan kebaikan dan pelayanan terhadap guru dan dai inspiratif. “Sejak awal berdirinya Yakesma, memang dua program ini yang menjadi diferensiasi dengan lembaga lainnya,” ungkapnya.

 

Baca juga:

Sambut Ramadhan, Telkomsel Bagikan 24 Ton Kurma ke Masjid-Masjid di Indonesia

 

Selain itu, untuk memudahkan donasi, Yakesma juga menghadirkan landing page donation bernama Teman Berbagi. Platform ini memungkinkan donatur untuk berzakat dan infak di mana saja dan kapan saja menggunakan hanphone.

Manager Marketing Komunikasi Yakesma, Hani Basasih mengatakan dengan crowdfounding ini pihaknya ingin mengajak masyarakat ikut berbagi di bulan Ramadhan dan bulan-bulan berikutnya. “Kita ingin teman-teman dalam menunaikan zakat mal dengan mudah, gak ribet. Tinggal klik, pilih campaign, dan donasi,” katanya.

Nantinya, sambung dia, para donatur akan mendapat laporan dari setiap campaign jika sudah selesai. “Kita akan laporkan berapa jumlah donasi yang dikumpulkan, bagaimana penyalurannya, siapa saja yang menerima dan tentu saja donasi ini akan diberikan secara tepat sasaran,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Yakesma, Sahabudin, Ak, MM mengatakan program Ramadhan ini merupakan kolaborasi bersama dengan berbagai pihak. Beberapa diantaranya dengan Bank CIMB Niaga Syariah dan perusahaan asuransi jiwa syariah, Takaful.

“Kita sama-sama semangat untuk membesarkan amal kebajikan yang akan membawa solusi bagi umat yang membutuhkan. Karena zakat di bulan Ramadhan ini adalah sarana pahala kebaikan.  Mudah-mudahan kita menjadi orang bersyukur dan mendapat pahala serta ampunan dari Allah SWT atas setiap kontribusi kita,” tutupnya. (jms)

 

Baca juga:

Pepsodent Herbal Akan Bagikan Ratusan Paket Sahur selama Ramadhan


Back to Top