#Ramadhan2019

‘Obral Diskon’ Jadi Tren Toko-Toko di Arab Saudi selama Ramadhan

gomuslim.co.id – Ramadhan tiba, toko-toko yang menawarkan harga diskon dan murah semakin populer di Arab Saudi. Serupa dengan “toko dolar” AS atau toko-toko Kik Eropa, toko versi Saudi terus menyebar di seluruh negeri, seperti gerai diskon “abu riyaleen”.

Dikutip dari Arab News, orang-orang Saudi tidak hanya berusaha melakukan pembersihan rohani serta pesta berbuka bersama teman dan keluarga, tetapi mereka juga berusaha keras mendapatkan rumah dan dapur mereka dengan biaya murah.

Toko serba ada pertama dibuka di Madinah pada tahun 1999, dekat Masjid Nabawi yang menargetkan jamaah haji dan umroh. Toko itu menawarkan segala sesuatu, mulai dari hadiah dan sovenir, hingga pakaian, aksesori, peralatan masak, dan peralatan lainnya.

 

Baca juga:

Unik, Kedai di Depok Ini Sajikan Menu Buka Puasa dengan ‘Bayar Pakai Doa’


Toko itu adalah perintis dalam hal berbagai barang yang dijual dengan harga tetap dan sangat murah. Awalnya toko jenis ini ditujukan untuk keluarga berpenghasilan rendah. Toko-toko berdiskon kini menjadikan diri mereka populer di kalangan pembeli, terlepas dari pendapatan atau kelas sosial masyarakat.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah gerai bertambah banyak. Majalah Arabian Business melaporkan terjadinya penggandaan gerai dalam lima tahun terakhir.

Spesialis pemasaran Essam Al-Kardawi mengatakan, toko-toko diskon adalah produk dari budaya konsumen yang tersebar luas di kalangan warga Saudi, yang terbiasa dengan pembelian berlebihan barang-barang konsumen, memuaskan kebutuhan untuk membeli dan berbelanja.

Al-Kardawi mengatakan, model bisnis ini berhasil karena toko-toko menawarkan harga terendah dengan mengendalikan biaya tetap dan variabel. Pembelian grosir dilakukan dalam jumlah yang sangat besar dan karena popularitasnya, toko-toko tidak memerlukan anggaran iklan yang besar. (hmz/arabnews)

 

 

Baca juga:

Masjid di Singapura Ini Sediakan Bus bagi Jemaah Shalat Tarawih


Back to Top