Permudah Layanan, Kementerian Haji Arab Saudi Luncurkan Portal Interaktif Baru

gomuslim.co.id - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meluncurkan portal online interaktif baru, Rabu (8/5/2019). Situs web telah dirancang ulang untuk memberikan akses mudah dan cepat ke semua layanan kementerian. Langkah ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengimbangi transformasi digital yang terjadi di departemen pemerintah.

Direktur Jenderal Departemen Teknologi Informasi Kementerian, Salah Basaif, mengatakan portal baru ini menawarkan opsi yang lebih fleksibel untuk mengakses layanan, termasuk fungsi pencarian lanjutan dan bookmark informasi.

“E-portal dirancang untuk mengurangi upaya dan biaya proses pengembangan di masa depan dan memberikan fleksibilitas untuk menjaga kinerja situs web dan kesinambungan penyediaan layanan bahkan selama pemeliharaan atau proses pengembangan besar,” kata Basaif seperti dilansir dari publikasi Arab News, Kamis (09/05/2019).

Portal baru ini akan menyediakan lebih dari 30 layanan untuk peziarah, tersedia dalam bahasa Arab, Inggris, dan Prancis, dengan rata-rata 55 halaman per bahasa. Empat bahasa lagi akan ditambahkan dalam waktu dekat.

 

Baca juga:

Pemerintah Kota Riyadh Tingkatkan Layanan Pariwisata Selama Ramadhan

 

Sebelumnya, Raja Salman Abdulaziz Al Saud memerintahkan para menteri untuk meningkatkan pelayanan terbaik untuk para jamaah umrah selama bulan Ramadhan ini. Penjaga Dua Masjid Suci ini mengatakan perintah itu dalam sebuah pertemuan dengan Dewan Menteri, Selasa (7 /5/2019).

“Dalam pertemuan itu, Raja Salman menekankan bahwa pengaturan terbaik harus diberikan tidak hanya di Masjid Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, tetapi juga mencakup semua situs suci, sepanjang jalan dan bandara serta pelabuhan,” demikian dilansir dari publikasi Saudi Gazette.

Upaya ini dilakukan agar para peziarah dapat melakukan ibadah mereka dengan aman dan nyaman. Menteri Hubungan Media Turki Al-Shabanah mengatakan selama pertemuan tersebut, Dewan Menteri meninjau persiapan dan layanan yang disediakan baik di sektor publik maupun swasta untuk para peziarah yang berkunjung selama Ramadhan.

Direktorat Jenderal Paspor telah mengumumkan bahwa antara 12 September 2018 dan 6 Mei 2019 jumlah jamaah yang telah tiba di Kerajaan dari seluruh dunia mencapai 6.151.944. Sementara sebanyak 5.602.027 jamaah telah meninggalkan Arab Saudi selama periode yang sama. Direktorat menekankan kesiapannya untuk menyambut dan melayani jamaah yang tiba di darat, laut dan udara selama bulan suci Ramadhan ini. (jms/arabnews/saudigazzate)

 

 

Baca juga:

Peningkatan Jemaah Umrah Selama Ramadhan, Pemerintah Saudi Pantau Kawasan Masjidil Haram dari Jalur Udara


Back to Top