Marak Penggunaan Wadah Makan Sekali Pakai, Rusia Akan Berlakukan Aturan Ini

gomuslim.co.id – Penggunaan wadah makan di bulan Ramadhan terus meningkat seiring dengan maraknya semangat berbagi antar umat muslim. Sayangnya hal tersebut juga berbanding lurus dengan penumpukan sampah karena penggunaan wadah makan sekali pakai yang kerap digunakan.

Hal unik terjadi di Rusia, dimana Rusia kemungkinan akan memberlakukan larangan menyeluruh penggunaan peralatan makan terbuat dari plastik dalam waktu dekat. Hal itu disampaika Menteri Sumber Daya dan Lingkungan Nasional Dmitry Kobylkin.

“Kami mendukung tren global pengurangan penggunaan plastik,” kata Kobylkin.

 

Baca juga:

MUI Bali Dukung Gerakan Ramah Lingkungan

 

Sementara, menurut ketua komite lingkungan hidup di majelis rendah parlemen, Elena Serova dalam kesempatan yang sama mengamini hal tersebut. “Inisiatif ini masuk akal, sebab sudah terlalu banyak sampah plastik di planet kita ini,” katanya.

“Akan hal dengan peralatan makan terbuat dari plastik, semua negara maju harus mengenyahkannya.”

Untuk diketahui, menurut survei oleh Levada Center, banyak orang Rusia yang sudah mengenal eco trend. Sebanyak 30% orang Rusia menggunakan kantong belanja yang dapat dipakai ulang dan bukannya tas plastik sekali pakai (kresek) ketika membeli barang kebutuhan mereka sehari-hari. Sementara 1 dari 6 warga Rusia sudah tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai. (nov/Rt/hidayatullah/dbs)

 

Baca juga:

Resmi Dibuka, Inilah Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Eropa


Back to Top