#Ramadhan2019

Peringati Ramadhan, Kota Toronto Gelar Buka Puasa Bersama di Balai Kota

gomuslim.co.id - Kota Toronto memperingati Ramadhan dengan menggelar buka puasa bersama. Dalam acara ini, Walikota Toronto, John Tory mengundang para pemimpin Muslim, aktivis, dan pemimpin agama untuk makan malam di Ruang Dewan, Selasa (7/5/2019).

Buka puasa bersama ini diadakan di Nathan Philips Square di luar balai kota. Acara yang diselenggarakan oleh Northern Lights Relief Foundation diberi judul, 'Berbagi Ramadhan dengan Toronto' ini menghadirkan makan malam gratis, pertunjukan, dan pameran.

Dalam sambutannya, Jhon Tory menyampaikan harapan terbaik selama bulan suci Ramadhan tahun ini. Menurutnya, sangat penting bagi warga untuk ikut merayakan acara masing-masing agama dan memahami apa yang mereka bicarakan.

“Ini adalah acara antaragama yang kami lakukan malam ini dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah bergabung dari gereja-gereja di seluruh kota dan yang menunjukkan dukungan mereka untuk komunitas ini,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi aboutislam, Jumat (10/5/2019).

Pada kesempatan tersebut Walikota mengumumkan bahwa dirinya sedang berpuasa sebagai bentuk penghormatan terhadap komunitas Muslim. "Untuk pertama kalinya dalam hidupku aku berpuasa dari ketika aku pergi tidur semalam sampai sekarang," katanya.

Dengan puasa ini, ia mengajak warga untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan belas kasih bagi yang kurang beruntung serta memahami makna pengorbanan. "Saya melakukannya untuk menghormati kepercayaan banyak dari Anda dan rasa hormat dan kasih sayang saya kepada komunitas sehingga saya menjadi sangat mengenal selama saya memiliki hak istimewa menjadi walikota," ungkapnya.

Tory menambahkan bahwa dirinya telah melihat pengabdian luar biasa kepada komunitas yang dilakukan oleh muslim. Ia bercerita, tahun lalu ada penggalangan dana muslim untuk sebuah rumah sakit di Thorncliffe Park.

“Saya melihat makanan dikumpulkan untuk yang membutuhkan di sebuah masjid di Scarborough. Ini adalah kisah yang tak terhitung, masyarakat sebagai yang merayakan Ramadhan mereka, memberikan kontribusi kepada komunitas yang lebih luas. Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk itu karena saya pikir ini adalah kisah yang perlu diceritakan lebih sering," katanya.

 

Baca juga:

Masjid Khusus Jemaah Wanita Resmi Dibuka di Toronto Kanada

 

Walikota John Tory juga mengecam kejahatan kebencian baru-baru ini terhadap komunitas Yahudi, Muslim dan kulit hitam. "Ada kebutuhan untuk kewaspadaan besar sehubungan dengan insiden diskriminasi dan, dalam beberapa kasus, kejahatan rasial," katanya.

Sebuah laporan Statistik Kanada tentang kejahatan rasial yang dilaporkan polisi pada tahun 2017 menunjukkan lonjakan kejahatan rasial pada umumnya (peningkatan 47%), serta untuk kejahatan yang secara khusus menargetkan Muslim (naik 151%).

Sementara itu, dalam sambutannya, aktivis komunitas Kofi Achampong berbicara tentang pentingnya berbuka puasa di Balaikota. "Untuk memfasilitasi acara seperti ini di mana kita duduk secara harfiah di aula kantor terpilih untuk berbuka puasa dengan teman-teman Muslim dan non-Muslim sama pentingnya," katanya.

Achampong menyampaikan berterima kasih kepada Walikota John Tory dan stafnya karena telah menjadi tuan rumah dan mengizinkan komunitasnya untuk berbagi di momen puasa bulan Ramadhan. (jms/aboutislam)

 

 

Baca juga:

Imam dan Tokoh Agama di Kanada Rayakan Layanan Masyarakat di Upacara Penghargaan Tahun ke-4


Back to Top