Uni Eropa dan Irlandia Kirim Bantuan untuk Palestina Senilai Rp 300 Miliar

gomuslim.co.id – Uni Eropa (UE) dan Irlandia menyatakan kepeduliannya atas masyarakat Palestina yang di bombardier serangan oleh Rezim Israel. Bentuk kepeduliannya dalam bentuk kontribusi lebih dari 20 juta euro atau setara dengan Rp 300 miliar untuk pembayaran tunjangan sosial Otoritas Palestina (PA) kepada keluarga Palestina yang rentan di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Dilansir Maan News dari siaran pers Uni Eropa, kontribusi tersebut akan diberikan melalui Program Transfer Tunai Kementerian Pembangunan Sosial Palestina, yang bertanggung jawab untuk penyediaan perlindungan sosial dasar bagi keluarga yang paling rentan di Tepi Barat dan Gaza. Tunjangan sosial tersebut dibayarkan setiap triwulan kepada sekitar 108 ribu keluarga rentan.

Dalam siaran pers itu menjelaskan, kontribusi Uni Eropa sebesar 20 juta euro dan 275 ribu euro sumbangan dari Irlandia akan mencakup tunjangan sosial sekitar 76.700 keluarga yang 77 persen tinggal di Jalur Gaza.

 

Baca juga:

Melalui Syeikh Gaza, KNRP Ajak Warga Tasik Galang Donasi untuk Palestina


“Dukungan untuk Program Bantuan Tunai Pembangunan Kementerian Sosial PA adalah bagian dari upaya berkelanjutan Irlandia untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan bagi yang paling rentan di Gaza. Seperti yang telah lama diketahui, penutupan Jalur Gaza telah menciptakan situasi yang tidak manusiawi dan rakyat Gaza layak mendapatkan yang lebih baik,” ungkap Jonathan Conlon selaku perwakilan dari pemerintah Irlandia pada Rabu, (15/5/2019).

Conlon mencatat, melalui program dan dialog politik, Irlandia berupaya menawarkan harapan kepada orang-orang yang tinggal di tempat tersebut dan untuk membawa peningkatan berkelanjutan dalam kondisi kehidupan.

Sementara itu, Tomas Niklasson, perwakilan dari Uni Eropa, menekankan, Uni Eropa dan Negara-Negara Anggota tetap berkomitmen mendukung Palestina dalam mengakses kebutuhan dasar untuk menjamin kehidupan yang adil dan bermartabat bagi setiap keluarga Palestina.

Menyusul krisis keuangan yang dihadapi oleh PA, yang paling penting adalah banyak kontribusi yang ditunggu-tunggu pada tahun 2019. Masyarakat Palestina yang dilindungi dan diberdayakan adalah elemen kunci dalam membangun Negara Palestina di masa depan.  (hmz/maannews)

 

 

Baca juga:

Jumat Pertama Ramadhan, Ribuan Warga Palestina Penuhi Masjid Al Aqsa


Back to Top