Kemenlu RI Gelar Buka Puasa Bersama Para Duta Besar Negara

gomuslim.co.id - Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa (14/5/2019) menggelar buka puasa bersama para duta besar negara-negara sahabat dan pimpinan organisasi internasional di Jakarta, termasuk Dubes Palestina untuk Indonesia.

Acara yang bertajuk “Pejambon Iftar 2019” tersebut dibuka langsung oleh Menteri Luar Negeri RI Retno L.P Marsudi, yang pada kesempatan itu mengenakan kerudung berwarna orange dengan gamis hitamnya.

“Iftar di Indonesia merupakan cara kami untuk bertemu satu sama lain selama bulan Ramadhan, tidak hanya dengan kerabat sesama Muslim, tapi juga dengan kawan-kawan dengan kepercayaan lain,” kata Retno dalam sambutannya dalam acara yang diadakan di Ruang Nusantara, Kemlu RI.

Ia mengungkapkan, iftar Pejambon 2019 kali ini menyajikan beraneka ragam hidangan khas asal Indonesia dari Sabang sampai Merauke, seperti, soto banjar, tahu gimbal, nasi bogana, es pisang hijau, dan masih banyak lagi.

 

Baca juga:

Polres Metro Bekasi Kota Ajak Insan Pers Gelar Bagi-Bagi Takjil


“Jadi kita bawa budaya kita yang agung dan beraneka ragam dalam ifthar. Ada berbagai macam jenis makanan dari berbagai pulau di Indonesia,” ujarnya.

Para undangan terpantau menikmati sajian hidangan tersebut seperti Dubes Korea Selatan Kim Chang-boem, Dubes Jepang Masafumi, Dubes Italia Vittorio Sandalli dan lainnya. Pada acara tersebut para diplomat-diplomat Indonesia juga terlihat menggunakan sarung dan baju muslim, sehingga para dubes sempat bertanya kepada Menlu Retno.

“Nah kita kalau di kampung-kampung kalau mau ke masjid ya begini. Diingatkan biasanya pake sarung, nah sekarang kita pake sarung,” ujar Retno yang ingin menghadirkan konsep kampung Indonesia di Ramadhan.

Sementara itu, Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun yang sempat ditemui wartawan menyatakan terkesan dengan acara ini dan sudah mencoba beberapa hidangan, namun harus pamit terlebih dahulu karena ada kegiatan lainnya. (hmz/okenews/dbs)

 

 

Baca juga:

KBRI Amman Salurkan Ratusan Paket Iftar selama Ramadhan bagi Jemaah Masjid Al Aqsa


Back to Top