Gelang GPS Jemaah Umrah Akan Diberikan di Bandara Saudi

gomuslim.co.id - Untuk memudahkan identifikasi identititas, kedepannya jemaah umroh akan dilengkapi gelang khusus. Komite Nasional Haji dan Umroh Arab Saudi memperkenalkan gelang khusus untuk jemaah di Masjid al-Haram. Gelang itu dilengkapi dengan teknologi Global Positioning System (GPS) serta berisi data pribadi masing-masing jemaah dan akomodasi mereka.

Seperti yang dilansir dari publikasi Saudi Gazette, Rabu (15/05/2019), gelang khusus itu bertujuan membimbing tiap jemaah yang memakainya selama perjalanan umroh. CEO komite nasional tersebut, Syekh Mohammed Bin Badi mengatakan, gelang khusus diberikan pada saat jamaah tiba di bandara Arab Saudi.

“Alat itu berisi data jamaah dan akan merekan pergerakan mereka. Selain itu, adanya GPS bermanfaat menuntun mereka dari dan menuju akomodasi, rumah sakit, pusat kesehatan, dan berbagai fasilitas penting lainnya selama di Makkah dan Madinah,” papar Badi.

Selain itu, Jemaah juga dapat langsung menghubungi dengan nomor pelayanan umum setempat yang tercantum di alat tersebut bila sewaktu-waktu terjadi hal darurat.

Syekh Mohammed Bin Badi mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan suatu perusahaan teknologi asal Cina untuk mengadakan gelang bagi jemaah tersebut.

 

Baca juga:

Kemenkes: Gelang Kesehatan Haji Terintegrasi Barcode Data Jemaah

 

Sejauh ini, pihaknya masih berupaya mencari solusi untuk mengatasi persoalan bagasi jemaah. Salah satu opsinya, mengontrak perusahaan jasa transportasi untuk mengambil bagasi dari titik kedatangan ke tempat penginapan jemaah.

Tak hanya itu, pihaknya juga sedang mempertimbangkan mendirikan perusahaan layanan umroh kepemilikan saham. Ini bertujuan meningkatkan layanan bagi para jemaah. (nat/saudigazette/dbs/foto:infohaji)


Back to Top