#Mudik2019

Tol Trans Jawa Berlakukan Jalan Satu Arah pada Mudik Lebaran Tahun Ini

gomuslim.co.id - Kementerian Perhubungan atau Kemenhub siap menerapkan sistem one way atau satu arah di Tol Trans Jawa saat mudik Lebaran 2019. Strategi ini diyakini dapat mengurai kemacetan yang biasanya terjadi di beberapa ruas utama jalan bebas hambatan tersebut.

Apalagi, Tol Trans Jawa saat ini telah tersambung sepanjang 965 kilometer. Mulai dari Merak di Banten, hingga Probolinggo Timur di Jawa Timur. Tak hanya rekayasa lalu lintas, ada 112 titik layanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di sepanjang Tol Trans Jawa. Semua itu demi kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 atau Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Joko Santoso mengatakan, kebijakan ini akan dideklarasikan Menteri Perhubungan bersama Kepolisian.

"Selanjutnya ini ada kebijakan yang dapat kami sampaikan di sini, untuk teknisnya nanti masih menunggu deklarasi Bapak Menteri Perhubungan bersama Kepolisian," katanya dalam Diskusi dan Peluncuran Buku 'Mudik Minim Polemik', Jakarta, Selasa (7/4/2019)

Dia mengatakan, one way system ini berarti saat mudik jalan tol dibuka keluar dari Jakarta.

"Ini akan diberlakukan one way system, jadi mudik di jalan tol seluruhnya akan ke Jawa, dari km 29 sampai km 262. Mungkin nanti teknisnya akan disampaikan Bapak Menhub waktu deklarasi," ujarnya.

Selain itu, Joko mengatakan, untuk mengatasi kemacetan di jalan tol juga akan dilakukan pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Terkait kemacetan di gerbang tol kami punya program di sini, Gerbang Tol Cikarang Utama menjadi salah titik kemacetan rencananya akan digeser sebelum Lebaran, Cikarang Utama di geser ke Cikampek utama di km 70 dan ke arah Bandung di km 67," pungkasnya. (bpjt/dbs/liputan6/foto: ist)

 

Baca juga:

Bantu Pemudik, Pemerintah Hadirkan Portal Infomudik Lebaran 2019


Back to Top