#Ramadhan2019

Sejumlah Masjid di Inggris Undang Warga Non Muslim Buka Puasa Bersama

gomuslim.co.id – Sejumlah Masjid di Lancashire Timur, Inggris akan menggelar buka puasa bersama pada Sabtu, 18 Mei 2019 mendatang. Tidak hanya untuk muslim, tetapi undangan juga berlaku untuk Non-Muslim di sekitar Masjid.

Mohammed Qureshi dari Pusat Pendidikan Dar-Es-Salaam di Blackburn mengatakan pihaknya membuka diri bagi komunitas masyarakat untuk bergabung dalam acara buka bersama ini. Lewat kegiatan ini, pihak Masjid ingin mengenalkan lebih jauh tentang Islam, muslim dan bulan Ramadhan.

"Orang-orang tidak tahu bagaimana umat Islam menghabiskan bulan Ramadhan adalah waktu refleksi, bukan hanya tentang pantangan makan dan minum. Bulan ini seperti mengisi ulang kembali iman dan membiasakan tindakan yang baik," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Lancashire Telegraph, Kamis (16/05/2019).

Pusat Pendidikan Dar-Es-Salaam di Blackburn sendiri merupakan satu dari masjid yang menyelenggarakan buka puasa terbuka. Tempat-tempat lain yang terlibat termasuk Masjid-al-Momineen di Ash Street, Jamia Masjid Minhaj-ul-Quran Nelson, dan Positive Mulai Dawah Centre di Rawtenstall.

Para tamu non-Muslim dapat menghadiri dan mendengarkan pidato singkat tentang apa sebenarnya Ramadhan di luar puasa. Mereka akan mendapatkan layanan tur masjid, informasi tentang apa dilakukan muslim, sampai diajak duduk dan makan dalam buka puasa bersama.

"Biasanya, banyak masjid tidak akan mengizinkan perempuan dan anak-anak, tetapi kami ingin melakukan ini untuk mendorong mereka untuk datang lebih sering dan mengadakan acara apa pun," kata Qureshi.

 

Baca juga:

Dua Organisasi Ini Gelar Buka Puasa Bersama di Gedung Pencakar Langit London

 

Umat Muslim saat ini sedang mengamati bulan suci Ramadhan yang dimulai pada 6 Mei 2019. Selama puasa, dari fajar hingga matahari terbenam, umat Islam menahan diri dari mengkonsumsi makanan, minum cairan, merokok, dan terlibat dalam hubungan seksual.

Muslim mendedikasikan waktu mereka selama bulan suci untuk lebih dekat kepada Allah melalui doa, menahan diri, dan perbuatan baik. Buka puasa bersama telah menjadi bagian dasar dari bulan suci, di mana orang-orang berkumpul.

Pekan lalu, Muslim Inggris, Kristen, Yahudi, dan orang-orang beriman lainnya turut hadir dalam Iftar Antar Agama di Gereja St James di Piccadilly. Awal bulan ini, Yayasan Naz Legacy mengirimkan hidangan buka puasa pertama di Katedral St Paul di London untuk menyatukan para pemimpin Muslim dan non-Muslim Inggris. (jms/Lancashire Telegraph/aboutislam)

 

Baca juga:

Perdana Menteri Kanada Hadiri Buka Puasa Bersama Warga Muslim

 


Back to Top