Pengajuan Proposal Annual International Conference on Islamic Studies 2019 Masih Dibuka, Begini Prosedurnya

gomuslim.co.id – Kementerian Agama akan kembali menggelar Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2019 pada 1 sampai 4 Oktober 2019 mendatang di Jakarta. Tahun ini, AICIS akan mengambil tema besar "Digital Islam, Education, and Youth: Changing Landscape of Indonesian Islam".

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, M. Arskal Salim mengatakan, berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh panitia. "Proses persiapan pelaksanaan AICIS tahun ini telah memasuki tahap pengajuan proposal yang akan ditutup pada 25 Mei nanti," ujarnya baru-baru ini.

Adapun pembicara utama pada AICIS 2019 diantaranya Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, dan Peter Mandaville dari George Mason University Virginia Amerika Serikat.

Subtema yang akan dibahas oleh para peserta adalah: Developing Models of Religious Education to Counter Conservatism and Radicalism, Digitalization of Islamic Texts, Religious Authority and Fatwa in the Digital Age, Islam, Youth and Social Media, dan sejumlah tema lainnya.

 

Baca juga:

Ditjen Pendidikan Islam Optimis Indonesia Jadi Destinasi Studi Islam Dunia

 

Arskal menambahkan, saat ini, panitia telah menerima lebih dari seratus paper. "Peneliti yang menerima grand dari Direktorat PTKI yang temanya relevan dengan AICIS ini nantinya juga akan diikutsertakan," ungkapnya.

Sementara untuk memastikan kualitas penyelenggaraan konferensi tahunan para ilmuan studi Islam ini, conference proceeding akan dipublikasikan secara internasional bekerjasama dengan European Union Digital Library (EUDL) serta terindeks Scopus, Ei Compendex, CrossRef, Google Scholar, dan DBLP.

Untuk memudahkan para partisipan dari dalam dan luar negeri, pantia juga sudah menyiapkan laman website di: http://diktis.kemenag.go.id/aicis/index.php/about-aicis-2018/theme/ (jms/kemenag)

 

Baca juga:

Ini Lima Poin Rekomendasi Studi Islam dari Konferensi AICIS 2018


Back to Top