#Ramadhan2019

Gandeng Filantropi, Pemprov DKI Bagikan Ifthar di 242 RT DKI Jakarta

gomuslim.co.id Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng beberapa lembaga filantropi dalam membagikan Ifthar melalui program Ramadhan Indahnya Berbagi kepada masyarkat Jakarta. Pemrov DKI melalui Gubernur menjalin nota kesepahaman kerjasama (MOU) terkait sinergi agenda Iftar (Buka Puasa Ramadhan) bersama masyarakat dhuafa di 242 RT wilayah Jakarta, bertempat di Balaikota, Jakarta.

Alhamdulillah hari ini kita kembali menjalankan kegiatan buka bersama Jakarta Bahagia. Kerja sama kali ini ada unsur pemerintah, lalu unsur masyarakat, baik dari Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap, dan juga Rumah Zakat. Serta, sekarang komponen BAZNAS BAZIS juga ikut terlibat, dan kita akan menyelenggarakan di 242 RT di seluruh Jakarta kegiatan buka bersama,” ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan lepas penandatangan kerjasama MUO, Kamis, (15/5/2019).

 

Baca juga:

Dompet Dhuafa Dapat Apresiasi BWI Terkait Pengelolaan Wakaf


Anies mengatakan, dengan adanya kegiatan Ifthor ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak berlebihan dalam membeli menu buka puasa karena jika dilihat secara global, seharusnya warga bisa prihatin dengan kondisi warga yang notabene kurang mampu. Karena itu, dengan adanya pembagian Ifthar, di 242 lokasi, maka warga dapat menikmat menu yang sama satu sama lain.

“Semua rata dengan menu yang sama agar dapat menjalin silaturahmi yang erat. Selain itu, kami berharap lewat lembaga-lembaga ini, bukan saja kegiatan di 242 lokasi, tetapi kita ingin mengundang kepada seluruh masyarakat Jakarta untuk ikut memfasilitasi bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan makanan berbuka puasa. Dari sisi Pemprov, lewat Baznas Baziz menyalurkan satu miliar rupiah,” imbuh Anies.

Sementara itu, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan menyatakan ini merupakan kali keduanya Pemprov DKI Jakarta mempercayai Dompet Dhuafa untuk dapat berbagi kebahagian kepada masyarakat Jakarta.

“Dengan menyelenggarakan kegiatan Iftar pada setiap wilayah kemiskinan di Jakarta, semakin menguatkan kepedulian dan kebaikan, juga menjadi solusi terhadap masalah kemiskinan. Kolaborasi ini merupakan amanah besar. Maka, untuk mensukseskan dan merealisasikan program tersebut, Dompet Dhuafa mengajak seluruh masyarakat Jakarta berkontribusi.” ucap Imam Rulyawan

Sedangkan, penentuan masjid atau tempat pelaksanaan pada lokasi tersebut berdasarkan kesepakatan masing-masing Yayasan dengan Walikota/Bupati Administrasi.

Masing-masing Yayasan juga diharuskan menyediakan posko umum bagi masyarakat yang ingin menyumbang dalam bentuk beras, bumbu, sayuran, atau bentuk lainnya dalam rangka mendukung acara Buka Puasa Bersama khususnya dengan masyarakat kurang. (hmz/release)

 

Baca juga:

Berbagi Keberkahan Ramadhan, Dompet Dhuafa Grebek Kampung Binaan di Bogor


Back to Top