Cegah Praktik Rentenir, Baznas Bontang Canangkan Program Zakat RT 

gomuslim.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (Basznas) Kota Bontang merencanakan program zakat tiap RT. Program ini sebagai upaya Baznas mencegah praktik pinjaman bunga tinggi dari para rentenir di lingkungan masyarakat.

Pasalnya, praktik pinjaman bunga tinggi di masyarakat cukup massif. Para rentenir menjebak warga dengan jeratan utang yang terus berbunga. Program zakat tingkat RT ini telah berhasil dilakukan di RT 17, Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang Selatan sejak setahun belakang.

Ketua Baznas Bontang, Kuba Siga mengatakan, teknis pengelolaan zakat tiap warga ditarik iuran Rp 1000 per jiwa. Dari uang yang terkumpul, selama setahun zakat yang terkumpul mencapai Rp 40 juta setahun.

Dana ini kemudian dipinjamkan ke masyarakat tanpa bunga sepeserpun. Warga yang telah menggunakan dana tersebut cukup tinggi.

 

Baca juga:

Baznas Targetkan LAZ Himpun Rp 3,5 Miliar


“Kami sediakan celengan di rumah warga, jadi misalnya satu rumah ada 7 orang. Rp 7 ribu dana tiap Jumat kami terima ada petugas yang datang,” ujar Kuba pada Jumat (17/52019).

Hasil dana yang terkumpul digunakan untuk pembiayaan konsumtif dan produktif. Pembiayaan konsumtif yakni penyediaan perlengkapan jenazah seperti kafan, nisan, kapur barus secara gratis bagi warga yang meninggal dunia.

Sedangkan, pengeloaan dana produktif, yakni peyediaan dana pinjaman ke masyarakat setempat. Rencananya program ini bakal dikembangkan cakupannya lebih meluas. Kelurahan Tanjung Laut Indah, menjadi kelurahan percontohan program zakat RT ini.

Untuk kasus denda warga yang menunggak pembayarannya dan tak kunjung membayar bakal diberi sanksi moral. Nama peminjam bakal dipasang di masjid terdekat, lengkap dengan tunggakan pinjaman mereka.

“Jadi kalau ada warga yang ingin pinjam Rp 1-2 juta kita kasih, mereka cukup bayar 10 persen dari total pinjaman setiap bulan sampai lunas. Tanpa bunga,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Bontang, Neni Moerniaeni mengatakan sangat mendukung program tersebut. Menurutnya, program ini sangat membantu masyarakat dalam mengakses dana. Program zakat ini menjadi alternatif pinjaman dana yang sangat meringankan masyarakat kecil. Pihaknya mengaku bakal mendukung program ini bisa berjalan lancar di Kota Bontang.

“Bayangkan kalau program ini bisa dilakukam 500 RT di Bontang bisa mencapai Rp 20 miliar dana yang bisa membantu warga,” pungkasnya. (hmz/release/baznas/foto:ils)

 

 

Baca juga:

BAZNAS Rilis Album Mini Religi ‘Kebangkitan Zakat’


Back to Top