Jadiberkah.id Platfom dari Mandiri Syariah untuk Zakat

gomuslim.co.id - Sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan dana murah, PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) mendorong penghimpunan dana zakat melalui bank syariah

Direktur Finance dan Strategy Mandiri Syariah Ade Cahyo Nugroho mengatakan bahwa saat ini kontribusi dana wakaf yang diterima perseroan masih belum terlalu besar terhadap dana murah tabungan dan giro Current Account Saving Account (CASA) secara keseluruhan.

Selain dana wakaf, perseroan juga mencatatkan penerimaan dana dari zakat, infaq dan sedekah dari nasabah lewat mobile banking. Sementara, untuk size saat ini sekitar Rp 20 miliar.

“Jumlah dana murah Mandiri Syariah pada Maret lalu berkisar Rp 46,11 triliun atau mencapai 53% dari total dana pihak ketiga (DPK) yang berjumlah Rp 87 triliun,” jelas Ade.

Untuk itu, untuk memaksimalkan potensi dana wakaf Bank Mandiri Syariah baru-baru ini meluncurkan platform wakaf digital jadiberkah.id yang memudahkan transaksi wakaf antara wakif dan nazhir.  

 

Baca juga:

Jelang Idul Fitri 2019, Mandiri Syariah Siapkan Persediaan Uang Tunai Rp 1,31 Triliun

 

Perseroan juga bekerja sama dengan delapan lembaga nazhir wakaf yakni Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani, Badan Wakaf Indonesia, Yayasan Wakaf Al Azhar, Rumah Zakat Indonesia, Sinergi Foundation, Inisiatif Wakaf, dan Laznas BSM Umat.

Selain terkait layanan penerimaan wakaf, kerja sama bank dengan lembaga tersebut juga mencakup layanan cash management, dan layanan perbankan lainnya.

Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari menilai antusiasme publik yang cukup tinggi dalam menyisihkan dana wakaf. 

"Kami tidak punya target angka khusus, tapi kami ingin nasabah yang saat ini sebanyak 5 juta serta masyarakat umum nonnasabah bisa salurkan wakaf lewat Mandiri Syariah, dengan mudah serta transparan," katanya.  

Saat ini ada 4 program wakaf yang ditawarkan di platform jadiberkah.id yaitu Rumah Sakit Hasyim Asyari Dompet Dhuafa, RS AKA Medika Sribhawono, Pesantren Hafidz Lido Sukabumi, dan Khadijah Learning Center. Namun Toni mengatakan perseroan bersama lembaga nazhir akan terus mengembangkan program produktif sebagai pemanfaatan dana wakaf. (nat/bisnis/dbs/foto:dream)

 


Back to Top