#Ramadhan2019

Gandeng Tiket.com, Humanity Food Truck ACT Bagikan 2000 Paket Sahur untuk Korban Kebakaran di Kampung Bandan

gomuslim.co.id – Humanity Food Truck dari Global Zakat-ACT bersama Tiket.com membagikan 2.000 paket sahur untuk warga Kampung Bandan, Jakarta Utara, akhir pekan lalu. Paket makanan tersebut didistribusikan di tenda-tenda pengungsian warga yang terkena kebakaran di ruko Grand Boutique Center, Jakarta Utara.

Koordinator Humanity Food Truck, Ryan mengatakan pihaknya sempat melakukan asesmen ulang dan memastikan bahwa daerah Kampung Bandan yang baru terkena musibah membutuhkan bantuan untuk sahur. Tim Global Zakat-ACT bersama Tiket.com menyasar sekitar 2.000 penerima manfaat di lokasi pengungsian.

Ke depannya, Humanity Food Truck pada Ramadan ini akan terus menyapa masyarakat sekitar, terutama warga yang masih dalam kondisi prasejahtera. Ryan mengungkapkan ini kali pertama Humanity Food Truck menyapa warga pada sahur saat Ramadan ini.

“Kalau untuk sahur, ini memang yang pertama. Jadi selain saat berbuka puasa kita keliling melayani masyarakat, ke depannya kita sudah merencanakan aksi lagi untuk sahur. Mudah-mudahan untuk waktu dekat ini bisa terealisasi lagi,” ujar Ryan.

Internal Control Tiket.com Yosie Rifayani mengatakan, acara ini awalnya terselenggara berkat kepedulian beberapa karyawan, yang prihatin dengan kebakaran di Kampung Bandan. “Setelah dirundingkan dengan pihak manajemen, ternyata aksi seperti ini sejalan dengan visi dan misi perusahaan untuk selalu terlibat dengan masyarakat sekitarnya. Ke depannya, mungkin Tiket.com akan semakin sering melakukan aksi-aksi kemanusiaan seperti ini dengan ACT,” katanya.

Dengan kondisi pengungsi yang demikian sulit, Yosie mengatakan Tiket.com berharap bantuan tersebut dapat sedikit meringankan kebutuhan warga terdampak, khususnya untuk Ramadan ini.

 

Baca juga:

Humanity Food Truck Bagikan Paket Buka Puasa di TPST Piyungan

 

“Selain itu, harapannya mungkin teman-teman yang lain juga akan peduli dengan kegiatan seperti ini. Dari pemerintah juga bisa lebih cepat lagi untuk memberikan bantuan kepada mereka,” ujar Yosie.

Kondisi di lokasi memang cukup memprihatinkan. Warga kini membangun tenda-tenda pengungsian di jalan bagian belakang ruko ataupun tinggal di emperannya. Manaf, salah seorang ketua RT dari daerah yang terdampak, mengatakan warga sudah satu minggu kondisi itu berlangsung semenjak kebakaran di Kampung Bandan yang menghabiskan seluruh rumah dari ribuan warga pada Sabtu (11/5/2019).

“Kondisi warga di sini mengkhawatirkan karena banyaknya anak-anak kecil, terutama yang balita dan yang masih bayi di pengungsian ini. Alhamdulillah, kalau untuk kebutuhan kita masih cukup dari bantuan seperti ini, tapi mesti dipikirkan kembali kapan ke depannya kita akan pindah,” kata Manaf.

Selama Ramadan, untuk sahur dan berbuka warga terus mengandalkan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karenanya Manaf mewakili warganya juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan bantuan makanan kepada mereka, termasuk dari Global Zakat-ACT bersama dengan Tiket.com.

“Senang dengan adanya bantuan paket sahur dari Global-Zakat ACT dan Tiket.com ini. Meringankan juga buat kami karena untuk ke depannya fokus warga itu mesti memikirkan betul untuk bagaimana pindah karena di sini masih kurang nyaman,” kata Manaf. (jms/act)

 

Baca juga:

Gandeng 8 Komunitas, ACT Sumsel Bagikan 1.000 Takjil Gratis


Back to Top