Rektor IAIN Palu: Ini Empat Tugas Pokok yang Wajib Disampaikan Penyuluh Agama

gomuslim.co.id - Setiap agama berperan untuk menyampaikan dakwah yang berisikan tentang merawat kerukunan antaragama, antarsuku dalam perbedaan. Guru besar pemikiran Islam modern Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Zainal Abidin mengatakan penyuluh agama di setiap agama memiliki peran yang sangat strategis di masyarakat atau terhadap umat beragama.

Karena itu, Rektor pertama IAIN Palu itu menyebut penyuluh perlu mengetahui empat fungsi utama yang melekat padanya. Pertama, penyuluh sebagai tempat memperoleh informasi berkenaan dengan kehidupan keagamaan. Kedua, sebagai soko guru yang mendidik umat sejalan dengan kitab suci masing-masing.

“Ketiga, advokatif yaitu penyuluh berperan untuk membela kelompok atau umatnya dari sasaran ancaman dan gangguan,” ujar Zainal yang juga Ketua MUI Kota Palu.

Dan yang keempat, penyuluh sebagai tempat bertanya, mengadu bagi umat untuk penyelesaian masalah. Penyuluh harus memiliki kapasitas pengetahuan untuk memberikan solusi ketika ada masyarakat atau umat beragama yang mengadu. 

 

Baca juga:

Ini 10 Hal Penting dalam Rekrutmen Penyuluh Agama Honorer

 

Penyuluh agama menjadi ujung tombak yang paling dekat dengan masyarakat dan paling sering bersentuhan dengan masyarakat. Dengan demikian, dalam menjalankan tugas dan fungsinya, menurut Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Sulteng, penyuluh perlu mengetahui tiga komponen multikultural, yakni kultur budaya dalam konteks agama, keragaman kultur, dan cara merespon keragaman kultur.

Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah menghadirkan Zainal pada kegiatan orientasi pembinaan dan pengembangan kualitas Penyuluh Agama Hindu Sulawesi Tengah 18 hingga 19 Mei 2019 di Palu. (nat/antara/dbs/foto:korpri)


Back to Top