#Ramadhan2019

Petugas Bersihkan 400 Sajadah Masjidil Haram Setiap Hari selama Ramadhan

gomuslim.co.id – Pemerintah Arab Saudi mempunyai pabrik khusus untuk memproduksi dan membersihkan sajadah dan permadani Masjidil Haram, Makkah. Setiap hari, sebanyak 20 pekerja terlatih membersihkan 400 sajadah selama musim Ramadhan dan Haji.

Direktur Departemen Pembersihan dan Karpet di Masjidil Haram, Nayef Al-Jahdali, mengatakan para pekerja menggunakan mesin khusus untuk menghilangkan debu dari permadani. Kemudian menggunakan sampo dan parfum yang ramah lingkungan sebelum permadani tersebut dibilas.

“Sajadah ini ditempatkan di dalam pengering industri selama dua menit, kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari selama 24 jam sebelum dipindahkan ke gudang. Departemen khusus bertanggung jawab untuk memperbaiki permadani yang rusak,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Arab News, Rabu (22/5/2019).

Arab Saudi sendiri selama hampir dua dekade mengimpor sajadah untuk Masjidil Haram di Makkah. Permadani yang diimpor untuk masjid tersebesar dunia ini didatangkan dari Belgia, Jerman, dan Lebanon. Pada tahun 2000, Kerajaan memutuskan untuk memproduksi sendiri sajadah dan permadani Masjid Agung.

 

Baca juga:

Masjidil Haram Kerahkan 2.200 Petugas Kebersihan Setiap Hari

 

Sebelumnya, Presiden Umum Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi, Syekh Abdurrahman as-Sudais mengatakan bahwa Direktorat Umum Bidang Pelayanan Dua Masjid Suci telah memperbarui semua sajadah yang ada di Masjidil Haram dan pelatarannya dengan sajadah yang baru. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut Ramadhan 1440 hijriah.

“Total sajadah yang sudah disiapkan sampai sekarang sebanyak 21 ribu sajadah, yang akan dibentangkan di dalam Masjidil Haram dan pelatarannya dalam menyambut bulan Suci Ramadan,” kata Syekh as-Sudais. (jms/arabnews/dbs)

 

Baca juga:

Permudah Layanan, Kementerian Haji Arab Saudi Luncurkan Portal Interaktif Baru


Back to Top