Ada Koleksi Buku Tua Ribuan Tahun di Perpustakaan Masjidil Haram

gomuslim.co.id - Masjid al-Haram di Makkah, Arab Saudi memiliki perpustakaan dengan luas 1.000 meter persegi. Perpustakaan ini merupakan pusat pengetahuan budaya Islam yang menampung sebanyak 30 ribu buku dan 5.600 judul. 

Seperti yang dilansir dari publikasi Arab News, Rabu (22/05/2019), di dalam perpustaakan terdapat buku-buku langka yang berasal dari abad kedua Hijriyah. Termasuk, al-Mustatab, Majma’ al-Anhur fi Syarh Multaqa al-Abhur, dan al-Asybah wa an-NazhaIr

Perpustakaan ini diresmikan kembali pada 1434 Hijriyah. Selain untuk meningkatkan misi keagamaan dari dua masjid suci yaitu Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi, perpustakaan ini juga bertujuan untuk membimbing pengunjung dan jemaah. 

Adapun tujuan keberadaan perpustakaan tersebut untuk menyoroti budaya Islam. Selain itu, untuk mengembangkan keterampilan para peneliti dan karyawannya, serta untuk mendapatkan buku-buku agama.

 

Baca juga:

Permudah Riset, Kerajaan Saudi Kirim Atlas Makkah untuk AS dan Inggris

 

Selain itu, keberadaan perpustakaan Masjid Agung ini juga bertujuan untuk membangun pusat ilmiah dan pusat budaya serta pengetahuan dunia, yang didasarkan di sekitar pusat perpustakaan berisi 20 juta judul buku. 

“Perpustakaan Masjid al-Haram memiliki 15 bagian. Di dalamnya, pengunjung akan ditawari layanan digital, audio, dan internet. Perpustakaan ini juga memiliki ruang baca yang cukup bagi pria dan wanita, layanan meja anak-anak, pusat terjemahan dan penelitian, penyimpanan teknologi tinggi, pengiriman dan penerimaan folder,” tulis Arab News.

Untuk mengikuti perkembangan teknologi, perpustaakan menyediakan koleksi khusus dan alat-alat multimedia, serta layanan khusus perpustakaan dengan alat pengetahuan terbaru, naskah-naskah dan perpustakaan digital, sebuah departemen untuk rehabilitasi dan pemulihan naskah kuno dan ruang administrasi yang memadai. (nat/arabnews/dbs/foto:muradmaulana)

 


Back to Top