#Ramadhan2019

Dompet Dhuafa Gelar 'Jakarta Berbagi' di Pulau Pari

gomuslim.co.id - Dalam rangka menjalin silaturahmi dengan masyarakat perkampungan, Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta menggelar “Jakarta Berbagi Buka Puasa Bersama” di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (21/05/2019).

Tak hanya mengajak relawan, Dompet Dhuafa juga mengajak beberapa influencer, dan chef Aiko menggelar buka bersama warga RW Kelurahan Pulau Pari.

Koordinator Ramadhan Indahnya Berbagi Pulau Pari, Adi Jubaedi mengatakan rangkaian buka bersama ini berlangsung di beberapa titik kolaborasi Pemprov DKI dengan melibatkan berbagai lembaga filantropi, diantaranya; Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Baznas Lazis, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Tujuan kolaborasi ini supaya jangan sampai ada ketimpangan di rumah tangga saat bulan puasa. Mereka kekurangan makanan untuk  berbuka puasa. Karena itu target program ini adalah perkampungan terpencil dan pelosok,” tutur Adi saat ditemui gomuslim.

 

 

Selanjutnya, tak hanya di Pulau Pari, Dompet Dhuafa juga menangani wilayah Jakarta Barat. Adi mengaku dipilihnya Pulau Pari karena pulau tersebut pernah mendapat program penerima manfaat dari Dompet Dhuafa sehingga ingin melanjutkan kembali tali silaturahmi bersama warga setempat.

“Di Jakarta Berbagi ada berbagai kegiatan seperti Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC), pelatihan kerajinan tangan untuk anak-anak sekolah, memasak bersama warga, tausiah bersama ustadz, pembagian 200 paket sembako, sampai buka bersama. Pokoknya dalam satu hari ini kita ingin memuliakan warga sebagai penyambung silaturahmi antara donatur dengan warga lokal,” papar Adi.

Sebagai wujud partisipasi program Jakarta Berbagi, hadir chef Aiko berbagi tips memasak rajungan pindang untuk menguggah warga dalam memanfaatkan hasil laut sebagai wujud kearifan lokal.

“Tapi sebenarnya hasil laut yang berlimpah di sini ikan tongkol, kenapa nggak coba buat berbagai variasi olahan tongkol yang justru bisa punya nilai jual lebih sehingga meningkatkan ekonomi dan kemandirian warga membuat usaha khas Pulau Pari,” tutur chef Aiko.

Sementara, dari segi kesehatannya Dr. Nur Khakimatul Faizah menyebut masyarakat Pulau Pari tergolong masyarakat yang mulai melek kesehatan medis.

“Kebanyakan penyakit di sini diabetes, kencing manis, penyakit kulit seperti gatal-gatal, mata gatal, dan kulit kering,” pungkas Dr. Ima. (nat/foto:nat)

 

 

Baca juga:

Chef Aiko: Buka Puasa Baiknya Konsumsi Ini


Back to Top