Legenda Sepakbola Muslim Ini Bantu Pembangunan Masjid Pertama di Sevilla

gomuslim.co.id - Legenda sepakbola Muslim Mali, Frederic Kanoute mengumpulkan dana Ramadhan ini untuk membantu pembangunan masjid Sevilla. Masjid ini kembali dibangun untuk pertama kali sejak 700 tahun.  

“Saya membantu komunitas Muslim di Seville beberapa tahun yang lalu. Pada saat itu mereka mencari tempat dan menjaga rumah ibadah mereka. Saya membantu mereka menjaga masjid sementara mereka,” kenang mantan striker Sevilla ini seperti dilansir dari publikasi BBC, Senin (27/5/2019).

Hubungan Kanoute dengan masjid sementara di kota ini berawal pada 2007. Ketika itu, si pemilik bangunan di daerah Ponce de Leon di kota Andalusia ingin menjual bangunannya, yang berarti mengusir komunitas Muslim.

Berkat kemurahan hati Kanoute yang menyumbang $ 700.000, Fundacion Mezquita de Sevilla tetap menjadi tempat ibadah umat Muslim di kota. "Saya ke sana selama tujuh tahun, dan sebagai seorang Muslim hal pertama yang Anda lakukan ketika Anda tiba di kota baru adalah Anda menemukan tempat untuk berdoa," katanya.

Tempat yang ia temukan adalah masjid sementara. “Saya menemukan komunitas fantastis yang dibentuk tidak hanya imigran, karena kami selalu membayangkan Muslim datang dari luar. Ini adalah Spanyol atau generasi kedua yang bertobat. Mereka orang Eropa, mereka juga dari Andalusia,” ungkapnya.

Kanoute menyebut mereka banyak yang terlahir sebagai Muslim. Perpaduan indah antara muslim dari Maroko, Aljazair, Senegal, Mali, itu menjadi komunitas. “Itu adalah masjid yang saya gunakan untuk pergi setiap hari Jumat dan setiap kali saya bisa pergi,” tuturnya.

Pada 2007, Kanoute mendapat kabar buruk tentang rencana penggusuran bangunan karena pemiliknya ingin mengusir muslim dan menyewakan atau menjual properti itu kepada orang lain.

“Saya mendengar tentang kisah itu dan kami duduk bersama. Kami diskusi tentang hal itu dan saya mengusulkan untuk membantu mereka menyelamatkan masjid dengan membeli bangunan itu," kisahnya.

 

Baca juga:

Delegasi Muslim Spanyol Minta Dukungan Indonesia untuk Bangun Masjid Pertama di Sevilla

 

Masjid Baru

Hampir 12 tahun sejak sumbangan pertamanya yang murah hati, Kanoute mengumpulkan dana untuk membantu membangun masjid bertingkat tiga yang dirancang khusus dengan parkir bawah tanah.

Ia kemudian mengumpulkan £ 250.000 melalui kampanye Kanoute 4 Seville Mosque untuk masjid yang dibangun khusus di Seville. Dibantu oleh orang Spanyol Ibrahim Hernandez dan Luqman Nieto dalam perencanaan proyek masjid baru, Kanoute masih mempertahankan hubungan dekat dengan Seville.

“Ini adalah kota yang istimewa. Sepak bola banyak hubungannya dengan itu. Orang-orang hanya tergila-gila dengan sepakbola. Tapi saya seperti memiliki rasa khusus tentang kota ini lebih dari sepakbola. “Saya telah melihat komunitas yang fantastis. Bukan hanya, tentang komunitas Muslim, tetapi orang-orang yang menerima kami sangat ramah,” katanya.

Abdoulaye Doucoure dari Watford dan Benjamin Mendy dari Manchester City dan mantan pemain Arsenal Abou Diaby mendukung proyek Kanoute. “Kami membutuhkan mereka dan semua atlet karena hubungan saya dengan sepakbola. Ketika Anda melihat orang-orang me-retweet atau mendukung proyek, itu membantu," paparnya.

Untuk diketahui, ada hampir 1,3 juta Muslim di Spanyol, yang merupakan 3 persen dari 45 juta penduduk negara itu. Muslim memerintah sebagian besar Spanyol selama berabad-abad mulai dari 711 hingga 1492. Raja terakhir mereka dikalahkan oleh raja dan ratu Katolik, Ferdinand dan Isabella, pada 1492. Setelah itu, masjid-masjid Muslim dibiarkan rusak atau diubah menjadi gereja. (jms/bbc/aboutislam)

 

Baca juga:

Ramaikan Hijup Ramadhan Festival, Oki Setiana Dewi dan Dewi Sandra Kembali Galang Dana Pembangunan Masjid Sevila Spanyol


Back to Top