Ini Syarat yang Harus Dipenuhi bagi Perusahaan Ritel Syariah

gomuslim.co.id – Setelah Transmart mendapatkan sertifikat halal, kini peluang perusahaan ritel syariah semakin besar. Pengamat Ekonomi Syariah Institut Pertanian Bogor, Irfan Syauqi Beik mengatakan komitmen tersebut harus diapresiasi.

"Ini sesuatu yang sangat baik bahwa Transmart ingin jadi perusahaan ritel yang bersertifikasi syariah," kata Irfan. Maka dari itu, Irfan menyampaikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika sebuah perusahaan ritel ingin fokus di segmen halal. Setidaknya mereka perlu menjamin dua hal yakni produk dan proses bisnisnya.

 

Baca juga:

Setelah Transmart Cilandak, Kini Transmart Padang Terima Sertifikat Halal MUI

 

Pertama, semua produk yang diperjualbelikan harus sudah bersertifikasi halal. Mulai dari produk yang dijajakan di rak-rak swalayan, makanan segar, makanan cepat saji, dan lain-lainnya.

Kedua, bisnis prosesnya harus sesuai dengan skema syariah. Misalnya, dana-dana milik perusahaan harus ditempatkan di bank syariah, rekanan atau stakeholder memiliki misi yang sama, dan lain-lainnya.

"Harus siap agar semua mekanisme bisnis prosesnya sesuai dengan skema syariah, jangan lupa juga keluarkan zakat perusahaan, zakat karyawan," kata Irfan.

Artinya, mulai dari awal hingga akhir, inovasi dan pengembangan bisnis perlu memperhatikan kaidah-kaidah Islam. Dengan demikian, maka perusahaan ritel tersebut bisa bersama dengan regulator mulai membangun panduan untuk sertifikasi syariah atau halal. (nov/dbs/republika)

 

 

Baca juga:

Buka Akses Pasar Poduk Halal UMKM, BPJPH Tandatangani Kerjasama dengan Trans Retail Indonesia


Back to Top