#Lebaran2019

Jelang Malam Takbiran, Pemkot Banda Aceh Larang Warga Bakar Petasan

gomuslim.co.id - Jelang malam takbiram Pemerintah Kota Banda Aceh dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melarang warga membakar mercon dan petasan. Pedagang yang kedapatan menjual petasan juga akan ditindak. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan tahun ini petasan atau mercon tetap dilarang.

“Kami melarang baik dalam bulan puasa maupun pada saat Hari Raya Idul Fitri 1440 H,” tukas Aminullah, Rabu (20/05/2019).

Aminullah juga sudah menggelar rapat yang dihadiri Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Dandim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis, Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno Riyanto, Kajari Banda Aceh Erwin Desman, Ketua MPU Kota Tgk Damanhuri Basyir, serta unsur dari Pengadilan Negeri dan Mahkamah Syariah Kota Banda Aceh.

Rapat digelar di pendapa Wali Kota di Blang Padang, Banda Aceh, sore tadi. Larangan penggunaan petasan atau mercon ini disepakati unsur Forkopimda Banda Aceh. 

 

Baca juga:

Jelang Ramadhan, Kapolda Sumsel Imbau Masyarakat Tidak Jual Beli Petasan

 

Menurut Aminullah, larangan tersebut dibikin untuk menjaga ketertiban masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan hari raya.

"Pedagang yang ditemukan menjual petasan akan dilakukan penindakan," jelas Aminullah.

Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno Riyanto mengatakan polisi akan mengambil tindakan bagi para pedagang yang nekat menjual petasan. Polisi tidak mentoleransi penjual petasan, baik selama Ramadhan maupun lebaran.

"Akan kita ambil tindakan, baik represif maupun preventif. Intinya, tidak dibenarkan menjual petasan dan sejenisnya di Banda Aceh," tutur Trisno. 

Untuk mengamankan Lebaran nanti, Polresta Banda Aceh menyiapkan 166 personel. Sejumlah pos keamanan dan pelayanan akan ditempatkan di beberapa titik untuk mendukung Operasi Ketupat Rencong 2019.

"Pos pelayanan kita tempatkan di Terminal Bathoh, Ulee Lheu dan Terminal L-300 Lueng Bata. Selain itu, ada pos keamanan di Lambaro," pungkas Trisno. (nat/detik/dbs/foto:tempo)


Back to Top