Saudi Arabian Airlines dan Kereta Cepat Haramain Teken Perjanjian Layanan Terintegrasi

gomuslim.co.id – Saudi Arabian Airlines dan Haramain High-Speed Railway (HHSR) menandatangani perjanjian untuk menyediakan layanan transportasi terintegrasi. Penumpang akan mendapat manfaat dari layanan seperti aplikasi untuk mengelola prosedur perjalanan dan mentransfer bagasi langsung dari stasiun HHSR ke bandara. Perjanjian tersebut juga akan memungkinkan maskapai untuk membuka kantor di stasiun HHSR di Mekah, Madinah, Jeddah, Bandara Internasional Raja Abdul Aziz dan Kota Ekonomi Raja Abdullah.

Penandatanganan kerjasama berlangsung di stasiun HHSR di Jeddah. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh presiden Organisasi Kereta Api Saudi, Dr. Rumaih bin Mohammed Al-Rumaih, dan direktur umum Saudi Arabian Airlines, Saleh bin Nasser Al-Jasser, di hadapan pejabat dari kedua organisasi. Perjanjian ini sejalan dengan rencana reformasi Visi 2030 Kerajaan.

 

 

Baca juga:

Mulai Ramadhan, Kereta Haramain Saudi Tambah Jadwal Perjalanan


Untuk diketahui, kereta cepat ini menempuh jalur sejauh 450 kilometer dengan kecepatan 300 kilometer per jam. Salah satu kota yang disinggahi pada rute kereta tersebut adalah Jeddah.

Proyek kereta cepat senilai US$6,7 miliar atau sekitar Rp100 triliun ini diharapkan dapat mengangkut 60 juta penumpang setiap tahun dan melonggarkan lalu lintas bagi para umat yang beribadah. Stasiun Kereta Mekkah, yang berjarak 4 kilometer dari Masjidil Haram, diproyeksikan mampu menampung 20.000 penumpang per jam.

Sekali jalan, Haramain Express bakal membawa 35 rangkaian kereta. Hingga akhir tahun ini, akan ada delapan kali pemberangkatan baik dari Mekkah maupun dari Madinah dalam satu hari. Selanjutnya, frekuensi akan ditingkatkan menjadi 12 kali pemberangkatan. (jms/arabnews)

 

 

Baca juga:

Pasca Kereta Cepat Haramain Diresmikan, Waktu Tempuh Makkah-Madinah Hanya 90 Menit

 


Back to Top