#Mudik2019

Kemenhub: Puncak Arus Balik Terjadi pada Tanggal 8 Hingga 9 Juni 2019

gomuslim.co.id - Puncak arus balik mudik 2019 diprediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terjadi pada 8 hingga 9 Juni. Kemenhub meminta pemudik mulai berangkat untuk arus balik agar terhindar kemacetan.

"Kami berharap, sebagaimana arahan Pak Menteri (Menhub Budi Karya), pemudik sudah ada mulai balik," tutur Kepala Biro Perencanaan Kemenhub sekaligus Ketua Posko Harian Tingkat Nasional Angkutan Lebaran 2019 Gede Pasek Suardika di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat No 8, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (07/06/2019).
 
Instansi terkait yakni Kemenhub, Polri dan Jasa Marga juga sudah menyiapkan kebijakan agar kemacetan saat arus balik tak terjadi. Salah satu kebijakan yang diberlakukan yakni sistem satu arah atau one way.

"Mulai tanggal 7 dengan jam yang sudah disepakati dari pukul 12.00 hingga 24.00 WIB kita akan melakukan one way. Titik pergerakan dari KM 414 Kalikangkung hingga KM 70 Cikampek Utama," tutur Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon.

Tak hanya rekayasa lalu lintas di ruas tol. Refdi mengatakan pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di ruas jalan menuju DKI Jakarta. Sebab Jakarta menjadi titik temu arus balik nanti.

 

Baca juga:

Masuk Arus Balik Lebaran, Pemkot Bekasi Harap Pemudik Tidak Bawa Kerabat

 


"Manakala dibutuhkan karena kondisi lapangan dan volume kendaraan, kita akan contraflow pada ruas KM 70 seterusnya. Nanti sampai ke Cikarang Utama KM 9, bahkan sampai KM 0. Karena titik temunya Jakarta," papar dia.

Selain itu, sistem one way juga akan diberlakukan di Tol Trans Sumatera. Pihak pengelola tol yakni PT Hutama Karya akan memberlakukan one way di jalur fungsional dari arah Kayu Agung ke Pematang Panggang.

Pada jalur fungsional satu arah akan dibuka mulai tanggal 6 hingga 13 Juni pada pukul 06.00-16.00 WIB. Sementara dari Simpang Pematang ke arah Terbanggi Besar tetap dua jalur secara normal.

"Petugas jalan tol Hutama Karya bersama dengan pihak Kepolisian Daerah Lampung telah bersiaga di KM 239 Simpang Pematang untuk mengalihkan arus kendaraan yang menuju ke Palembang dan diarahkan ke exit toll Simpang Pematang menuju ke jalan arteri," papar Hutama Karya.

Suasana arus balik lebaran juga sudah terasa di sejumlah titik, misalnya Stasiun Cirebon. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon mencatat setidaknya ada 9.500 penumpang yang telah meninggalkan Cirebon menuju Jakarta. (nat/detik/dbs/foto:kompas)


Back to Top