#Mudik2019

Prediksi Puncak Arus Balik Meleset, 10.542 Kendaraan Masih Lintasi Artery Bekasi sampai Selasa 12 Juni 2019

gomuslim.co.id – Prediksi puncak arus balik yang terjadi pada sabtu-minggu lalu, ternyata meleset. Dalam pantauan gomuslim, arus balik lebaran 2019 hingga malam tadi gelombang kendaraan masih memenuhi  ruas artery Kota Bekasi.

Kasie Pengendalian Operasi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Bambang Normawan Putra mencatat 10.542 kendaraan  roda dua melintasi Bekasi dan 7.068 orang memenuhi Terminal Induk Bekasi hingga malam tadi. Katanya, prediksi puncak arus balik terbilang meleset.

”Kepadatan kendaraan roda dua terlihat dari lampu merah Jalan Hasibuan sampai perempatan lampu merah BCP (Bekasi Cyber Park). Tapi kepadatan kendaraan roda dua itu datang berkelompok dan terputus- putus,” ujar Bambang Normawan Putra pada Selasa (11/6/2019).

Bambang menambahkan, pendataan kendaraan untuk arus mudik dan balik dilakukan di Pos Pengamanan Simpang Jalan M Hasibuan, Kecamatan Bekasi Timur.

”Arus balik kendaraan roda dua sudah mulai terjadi sejak Minggu, (09/06/2019) malam. Hingga Senin sore terusa saja terjadi,” katanya juga.

 

Baca juga:

Puncak Arus Balik, Kendaraan Roda Dua Penuhi Jalan Artery Bekasi


Sedangkan Irawan, petugas Posko Mudik dari Kementerian Perhubungan yang berjaga di Terminal Induk Bekasi mengatakan arus balik terpantau sudah ada 7.068 warga. Jumlah itu masih kecil jika dibandingkan jumlah pemudik yang berangkat melalui angkutan bus sebelum Lebaran. Total keberangkatan pemudik mencapai 43.176 orang yang meninggalkan Kota Bekasi.

”Arus balik terpantau ramai sejak Minggu sore (9/6/2019). Belum ada kedatangan arus balik warga usai Lebaran tahun ini yang signifikan. Puncak arus balik terjadi bukan di hari sabtu dan minggu ini,” katanya.

Irawan menambahkan, berdasarkan prediksi seharusnya puncak arus balik di Terminal Induk Bekasi terjadi sejak Sabtu (8/6/2019) dan Minggu (9/6/2019). Namun, lonjakan kedatangan penumpang belum juga terjadi di terminal utama di Kota Bekasi tersebut.

”Untuk kedatangan arus balik belum terlalu signifikan ya, kondisinya dari kemarin begini saja, landai. Prediksi seharusnya Sabtu dan Minggu kemarin, cuma belum hingga Senin ini,” ungkapnya.

Di sisi lain, arus balik kendaraan roda empat di tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sudah mencapai 720 ribu kendaraan hingga Minggu malam (9/6). Angka ini naik sebesar 67,38 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal yang mencapai 429.944 kendaraan.

”Arus balik kendaraan menuju Jakarta sampai sekarang sudah 59 persen dari total 1,2 juta kendaraan yang meninggalkan Jakarta sebelum Lebaran lalu,” terang Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Irra Susiyanti melalui data yang diterima gomuslim.

Berarti, tambahnya juga, masih ada 41 persen sisa kendaraan pemudik yang belum kembali ke Jakarta. Menurut dia juga, arus balik ini akan berangsur terus terjadi di ruas tol Jakarta-Cikampek hingga beberapa hari mendatang.

”Kami terus melakukan pengawasan dan pengecekan apabila terjadi penumpukan kendaraan. Salah satunya diskresi kepolisian terkait sistim one way bila terjadi kepadatan,” tandasnya. (hmz/gomuslim)

 

 

Baca juga:

Gelombang Arus Balik Terlihat, Dishub Kota Bekasi Terjunkan 764 Petugas


Back to Top