Alhamdulillah, Kini Warga Muslim Newark New Jersey AS Miliki Masjid Pertama

gomuslim.co.id -  Para anggota dewan kota Newark di Inggris mengumumkan pada 10 Juni mereka bertemu tempat ibadah terbaru di kota itu, 'Newark Islamic Center,.

“Ada dukungan bulat untuk usulan perubahan penggunaan. Kami menyambut rencana ini, ”kata anggota dewan Jane Olson yang menawarkan dukungan sepenuh hati selama pertemuan komite perencanaan dewan kota.

Masjid pertama kota ini disetujui oleh komite perencanaan Dewan Kota Newark dan dewan distrik akan segera memberikan izin perencanaan.

"Pada saat ini, tidak ada tempat bagi Muslim untuk bertemu di Newark dan saya dengan sepenuh hati mendukungnya," Olson menjelaskan.

Anggota dewan lainnya, Gill Dawn mengatakan tidak ada reaksi negatif atau komentar negatif di sekitar masjid. Tempat ini telah beroperasi selama beberapa waktu dan tidak ada tanda-tanda masalah atau gangguan. Setiap orang memiliki hak untuk menyembah siapa pun yang mereka inginkan dan saya berharap yang terbaik untuk mereka.

Para Jemaah mengatakan bahwa pusat tersebut bertujuan untuk menjadi bagian integral dari Newark dan menginginkannya menjadi pusat masyarakat, tidak hanya untuk Muslim tetapi juga untuk kota secara keseluruhan.

Baca juga:

Legenda Sepakbola Muslim Ini Bantu Pembangunan Masjid Pertama di Sevilla

 

Seperti pusat-pusat Islam biasa di seluruh dunia, Pusat Islam Newark baru-baru ini menjadi badan amal terdaftar dan, di masa depan, berharap untuk membeli tempat untuk digunakan sebagai basis permanen.

Perubahan di Appletongate akan melihat perubahan dari ritel serba guna menjadi pusat komunitas, masjid, kafe, dan toko di lantai dasar; menyediakan ruang untuk acara komunitas; pertemuan untuk klub dan kelompok, kegiatan setelah sekolah dan dukungan amal untuk para tunawisma setempat.

Atas namanya, Laurence Goff mengatakan Newark harus inklusif untuk semua orang dan baik untuk kota. “Kita semua harus menyambut gagasan itu,” katanya.

Untuk diketahui, Islam adalah agama terbesar kedua di Inggris setelah Kristen. Sebagian besar Muslim adalah imigran dari Asia Selatan dan Afrika. Menurut Sensus 2011, 2,7 juta Muslim tinggal di Inggris, naik hampir 1 juta dari sensus sebelumnya, di mana mereka membentuk 5,0% dari populasi umum dan 9,1% anak-anak di bawah usia lima tahun.

Secara historis, ada kontak kecil antara Inggris dan Muslim selama berabad-abad. Referensi ke Inggris juga ditemukan dalam literatur geografis Islam awal, seperti karya Ahmad ibn Rustah pada abad ke-9, yang menggambarkan pulau-pulau 'Bratiniya'. (fau/aboutislam/dbs/foto: nic)

 

Baca juga:

Setelah Lama Tertunda, Menteri Agama Yunani Resmikan Masjid Pertama di Athena


Back to Top