BPJPH: Tarif Layanan Jaminan Produk Halal Akan Bervariasi

gomuslim.co.id - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sedang membahas terkait tarif layanan jaminan produk halal (JPH). Rencananya, tarif layanan akan diterapkan bervariasi, menyusul pada 17 Oktober 2019 nanti seluruh produk yang beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

Kepala BPJPH, Sukoso menyatakan, setelah selesai dibahas, draft tarif layanan jaminan produk halal oleh BPJPH akan diajukan ke Kementerian Keuangan untuk mendapatkan persetujuan.

Ia menerangkan, layanan produk halal yang akan didapat konsumen meliputi sertifikasi produk halal, registrasi produk halal luar negeri, registrasi auditor halal, akreditasi lembaga pemeriksa halal, SNI halal, pelatihan auditor halal, peningkatan kompetensi penyelia halal, dan lain-lain.

"Tarif layanan jaminan produk halal di BPJPH sangat khas, bervariasi, dan beragam sesuai dengan tingkat kompleksitas proses produksi halal. Ini berbeda dengan misalnya di UIN/IAIN," jelasnya diketerangan resmi yang diterima Rabu (12/06/2019).

 

Baca juga:

Tarif Layanan Jaminan Produk Halal Mulai Jadi Pembahasan BPJPH

 

Ia menerangkan, tugas BPJPH sendiri telah diamanahkan pada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tentang jaminan produk halal.

"Itulah kenapa BPJPH serius mempersiapkan semua perangkat, regulasi, dan infrastruktur serta suprastruktur layanan halal sebelum 17 Oktober 2019," ungkapnya.

Harapannya, semua persiapan dapat rampung sebelum hari H 17 Oktober 2019. Uji coba dan masa transisi penyenggaraan jaminan produk halal oleh BPJPH akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Kita juga sedang mempersiapkan Rencana Bisnis dan Anggaran, draf PMK Tarif Layanan, roadmap JPH, elektronifikasi layanan melalui SimHalal (Sistem Informasi Manajemen Halal), kerjasama dengan berbagai stakeholders dan mitra strategis, dan juga komunikasi intensif dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang selama ini melaksanakan sertifikasi halal," papar Sukoso. (fau/bpjph/dbs/foto: ist)

 

Baca juga:

BPJPH: UU JPH Picu Pertumbuhan Industri Halal


Back to Top