Presidium Nasional FoSSEI Terpilih Jadi Outstanding Youth For The World 2019

gomuslim.co.id Presidium Nasional FoSSEI terpilih menjadi salah satu ambassador program Outstanding Youth For The World (OYTW) 2019. Dialah  Irsyad Al Ghifari merupakan mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi Syariah IPB angkatan 2015.

Pada tahun 2019 ini, Irsyad mengikuti seleksi kegiatan OYTW sekaligus Indonesia-USA 70th Youth Ambassador. Kepada gomuslim, Irsyad bercerita bahwa Masing masing best 20 OYTW akan menjadi duta Indonesia bagi anak muda Indonesia maupun luar negeri mengenai kebudayaan Indonesia, keberagaman Indonesia, kemajemukan Indonesia dan lainnya.

“Selain itu, kami akan kembali ke komunitas atau organisasi masing masing dan memberikan nilai Keindonesiaan kepada komunitas kami,” jelas Mahasiswa Berprestasi Utama FEM IPB 2018 ini.

Selanjutnya, kata Irsyad, kegiatan ke Amerika akan berlangsung pada tanggal 10 Oktober sampai 5 November 2019. Kegiatan di sana akan melakukan pertemuan bilateral antar negara maupun pemerintah daerah di sana serta dengan anak anak muda AS.

 

Baca juga:

Milad ke-19, FoSSEI Buka Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia

 

Untuk diketahui, OYTW telah diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri sejak tahun 2011, dengan mengirimkan para pemuda pemudi Indonesia yang berprestasi ke luar negeri, guna memperluas jejaring dan wawasan. Negara-negara yang pernah dikunjungi yaitu, Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Kanada, Hong Kong, India, Australia, sehingga pelaksanaan OYTW 2019 ke Amerika Serikat menjadi yang kedelapan kalinya. .

Kegiatan tersebut diikuti oleh 548 mahasiswa seluruh Indonesia. Tercatat, ada tiga tahap seleksi yang di mulai dari seleksi berkas, wawancara, dan terakhir karantina (Tes Psikotes, FGD, Talent Show, dan sesi presentasi kelompok). Irsyad terpilih menjadi Outstanding Youth For The World 2019 bersama 19 mahasiswa lainnya dan pada 5-6 Desember nanti akan mewakili Indonesia di Bali Democracy Student Conference 2019. Dua puluh finalis OYTW tersebut merupakan mahasiswa-mahasiswi terbaik dari kampusnya masing-masing dan memiliki beragam aktivitas sosial lainnya.

Kegiatan OYTW ini dijadikan oleh Irsyad sebagai ajang untuk memberikan inspirasi kepada anak muda Indonesia dan tentu sebagai tugas negara karena menjadi wajah Indonesia untuk Amerika Serikat serta dunia.

“Semoga kami dapat mengemban amanah ini sebagai “wajah” Indonesia dan “diplomat” muda yang mampu mengenalkan Indonesia kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang beragam, bersahabat, dan toleran. Selain itu, saya juga berharap kehadiran saya pada kegiatan ini dapat menjadi Inspirasi bagi mahasiswa ekonomi syariah Indonesia karena saya membawa misi untuk mengenalkan ekonomi syariah kepada dunia melalui diplomasi,” harap mahasiswa Inspiratif IPB 2017 ini. (fau/fossei/foto: irsyad)

 

 Baca juga:

Rapat Bersama Ketua OJK RI, Presidium Nasional FoSSEI Rekomendasikan BUMDES Syariah

 


Back to Top