ICMI Maros Sulsel Canangkan Masjid Ramah Anak

gomuslim.co.id - Konsep masjid ramah anak diusulkan oleh Pengurus Majelis Sinergi Kalam (Masika) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ketua Masika ICMI Maros Herwan mengatakan pihaknya akan menyiapkan masjid di Maros sebagai proyek percontohan masjid ramah anak.

“Tentunya juga akan bersinergi dengan pemerintah daerah, masyarakat dan pengurus masjid yang akan dijadikan percontohan. Dalam waktu dekat akan kami godok," kata Herwan.

Dalam proyek ini, ICMI Maros menyiapkan masjid di beberapa kecamatan. Menanggapi hal tersebut, Kadis DPPPA Maros Muh Idrus mengatakan, masjid ramah anak dibuat agar anak-anak aman dan nyaman berada di masjid.

Di antaranya membuat perpustakaan dengan menyiapkan buku-buku menarik, dan permainan di halaman masjid, serta memanfaatkan masjid setelah salat untuk tempat membina anak-anak.

"Orang tua agar tidak melakukan kekerasan kepada anak, baik secara fisik maupun psikis dan selalu menjaga kesehatan anak-anak dengan tidak membiasakan jajan sembarangan," kata dia.

 

Baca juga:

Ini Kata Imam Masjid Swedia Tentang Islam dan Indonesia

 

Sekretaris BKPRMI Sulsel Amruddin Ambo Enre mengatakan, saat ini pihaknya melakukan pengembangan Taman Kanak Kanak Alquran (TKA) melalui LPPTKA. TKA ini memiliki moto menyiapkan generasi Qurani, dengan membagi tiga kelas.

"Digunakan kata taman, bukan sekolah dan pengajian Alquran. Karena dunia anak-anak adalah dunia bermain. BKPRMI sudah jauh hari mengajak anak-anak ke masjid dan membuat kegiatan untuk betah tinggal di masjid dengan belajar Alquran," tandasnya.

Dalam TKA ini digunakan istilah BCM yakni bermain, cerita dan mengaji. BKPRMI selalu memikirkan anak-anak tetap hadir di masjid walaupun bukan aktivitas mengaji mereka. Pihaknya menyampaikan BKPRMI siap bersinergi dengan Masika ICMI dalam program masjid ramah anak. Saat ini, percontohan ada di Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar. 

Dosen Unhas Ashri Sallatu mengemukakan, permasalahan sehingga Masika ICMI mendorong masjid ramah anak, yaitu adanya kekerasan fisik dan psikis sehingga anak-anak bisa trauma ke masjid.

"Karena itu Masika ICMI mendorong masjid ramah anak, meski butuh proses panjang untuk mensosialisasikan. Namun kita melakukan riset dan proyek percontohan," pungkasnya. (nat/tagar.id/dbs/foto:masjiduna)

 

Baca juga:

Pemerintah Pulau Seribu Masjid Promosikan MotoGP Mandalika Hingga ke Paris

 


Back to Top