80 Peserta Lolos Seleksi Administrasi Program Bina Kawasan 2019 dari Kemenag

gomuslim.co.id - Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam Kemenag mengumumkan hasil seleksi administrasi peserta Program Bantuan Insentif Pembinaan Agama dan Keagamaan Islam di Wilayah Perbatasan (Bina Kawasan) tahun 2019.

Direktur Pendidikan Agama Islam, Rohmat Mulyana mengatakan pendaftaran bina kawasan dibuka secara umum dengan jumlah pendaftar sebanyak 372 orang. Melalui tahapan seleksi adminstrasi ada 80 orang pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

“Nanti tahapan terkahir seleksi wawancara akan menentukan 50 orang yang layak kita kirim ke daerah perbatasan selama 12 bulan,” jelasnya.

Menurutnya, pelaksanaan seleksi administrasi menjadi fokus awal bagi panitia untuk memilih kriteria peserta terbaik. Salah satu syarat penting adalah alumni pondok pesantren karena peserta yang lolos nantinya tidak hanya mengajar PAI di sekolah tetapi juga dapat aktif bersosialisasi di masyarakat.

 

Baca juga:

Kemenag Buka Rekrutmen Program Guru Bina Kawasan Tahun 2019, Ini Jadwal dan Cara Daftarnya

 

“Alumni pesantren kita tahu mereka sudah kuat dalam pengetahuan keagamaan, jadi harapan kami peserta nantinya tidak hanya sekedar mengajar PAI di sekolah namun juga dapat terlibat dalam kegiatan masyarakat baik dalam majelis taklim, pendidikan Alquran dan kegiatan sosial lainnya,” tegasnya.

Info selengkapnya terkait peserta yang lolos, sila klik: Pengumuman Hasil Seleksi Sdministrasi Program Bina Kawasan tahun 2019.

Untuk diketahui,  Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam kembali membuka rekrutmen calon guru pendidikan agama Islam (PAI) yang akan dikirim ke daerah perbatasan.

Program Bantuan insentif pembinaan agama dan keagamaan Islam di wilayah perbatasan (Bina Kawasan) ini menjadi salah satu program unggulan Kemenag dalam rangka memenuhi kebutuhan guru PAI di daerah dengan mengirimkan guru-guru fresh graduate.

Peserta calon guru PAI akan dipilih untuk ditempatkan di 24 provinsi sasaran di seluruh Indonesia, yaitu: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Timur, Banten, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. (kemenag/dbs)

 

Baca juga:

Berlatar Lulusan Pesantren dan PTKI, Kemenag Kirim 50 Guru PAI ke Wilayah 3T


Back to Top