Indonesia Serukan Industri Produk Halal untuk Jadi Fokus bagi Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand

gomuslim.co.id - Indonesia telah menggarisbawahi industri halal sebagai salah satu dari tiga bidang kerjasama untuk Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Presiden Joko Widodo, yang mengetuai KTT IMT-GT ke-12 di Bangkok pada 23 Juni 2019, berfokus pada konektivitas, dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif sebagai dua bidang kerja sama lainnya.

Presiden Jokowi mengatakan dalam acara tersebut bahwa Indonesia bermaksud mengadakan KTT Halal pada Oktober 2020 untuk membuka peluang dalam industri halal di dalam sub-wilayah.

 

Baca juga:

Pakar Ekonomi Syariah: Indonesia Masih Jadi Pasar Konsumen Produk Halal Terbesar Dunia

 

Acara kerja sama sub-regional diadakan bersamaan dengan KTT ASEAN ke-34 yang tahun ini membahas tema 'Kemitraan yang Memajukan untuk Keberlanjutan'. Inisiatif kerja sama sub-regional IMT-GT dimulai pada tahun 1993 untuk mempercepat transformasi ekonomi dan sosial di tiga negara Asia Tenggara.

Publikasi SalaamGateway, Selasa, (25/06/2019) menyebutkan program ini melibatkan 14 provinsi di Thailand selatan, delapan negara bagian utara Semenanjung Malaysia, dan sepuluh provinsi Sumatera di Indonesia. IMP-GT Implementasi Cetak Biru 2017-2021 sudah memasukkan produk dan layanan halal sebagai salah satu dari tujuh pilar strategis, masing-masing dengan kelompok kerja sendiri.

Program ini menyatakan salah satu contoh proyek yang mungkin memerlukan "upaya debottlenecking bersama" adalah penerimaan standar halal dan sertifikasi halal.

Tantangan lain yang disebutkan adalah kekurangan bakat dan kapasitas, terutama di kalangan usaha kecil dan menengah (UKM), kebutuhan untuk meningkatkan produk dan layanan yang didorong oleh permintaan dalam hal kualitas, harga, merek, rasa dan fakta gizi, serta kebutuhan untuk meningkatkan aksesibilitas ke bahan baku, dan pembiayaan.  (fau/sg/dbs/foto: imtgt)

 

 

Baca juga:

Thailand Masuk Destinasi Wisata Halal Populer di Dunia


Back to Top