Terbuat dari 96 Sayuran, Hidangan Khas Turki Ini Hadir di Festival Samsun Utara

gomuslim.co.id - Festival di Provinsi Samsun Turki Utara di wilayah Laut Hitam memberi penduduk setempat kesempatan untuk menyajikan hidangan daerah buatan sendiri dari 96 jenis tanaman yang dikumpulkan dari flora asli. Festival Makanan Herbal, yang berlangsung hingga hari Minggu ini diselenggarakan oleh Yayasan Profesional Pariwisata Samsun.

Satu hidangan yang ditampilkan di festival disiapkan oleh sekelompok koki yang menggunakan 55 jenis tanaman berbeda untuk menyediakan produk akhir.

Gubernur Samsun Osman Kaymak mengatakan di festival bahwa wilayah Laut Hitam memiliki budaya yang sangat kaya mengenai hidangan herbal.

"Ada 1.878 jenis tanaman yang dapat dimakan di Samsun," kata Kaymak, seperti dilansir dari publikasi DailySabah, Jumat, (28/06/2019).

 

Baca juga:

Indonesia Turut Ramaikan Festival Balon Udara Panas Internasional di Cappadocia Turki

 

Kaymak mengatakan tren baru-baru ini dari makanan yang diawetkan dan dikemas dan menuju makanan alami harus didorong. Karena iklim dan posisi geografisnya, Turki adalah rumah bagi lebih dari 10.000 spesies tanaman, sepertiganya adalah endemik. Banyak dari tanaman ini dapat dimakan dan memiliki sifat obat.

Peradaban Anatolia telah berpengalaman dalam pengetahuan tradisional menggunakan tanaman sebagai makanan dan obat-obatan sejak era Paleolitik. Tradisi mengumpulkan sayuran hijau yang dapat dimakan berlanjut di desa-desa di seluruh Turki dan merupakan komponen integral dari masakan Turki. (fau/dailysabah/dbs/foto: aaphotos)

 

 

Baca juga:

Muslim Travelers, Taman Hiburan di Turki Ini Hadirkan 2.000 Atraksi Wisata


Back to Top