Kampanye Toleransi, Pusat Distrik di Kota Aachen Jerman Barat Berganti Nama Jadi Alun-Alun Masjid

gomuslim.co.id - Alun-alun di distrikEilendorf, kota Aachen, Jerman Barat, telah diubah namanya menjadi Moschee platz atau alun-alun masjid. Hal ini dilakukan untuk menyoroti pentingnya toleransi dan persatuan, Daily Sabah melaporkan.

"Saya sangat bahagia sebagai walikota karena ada Lapangan Masjid di kota kami," kata Walikota Aachen Marcel Philipp dari Partai Christian Democratic Union (CDU).

Alun-alun ini adalah rumah bagi Masjid Aachen Yunus Emre, yang beroperasi di bawah Persatuan Islam-Turki untukUrusan Agama (DITIB).

Acara merayakan nama baru dari pusat 2100 meter persegi dihadiri oleh Konsul Jenderal Turki di Cologne CeyhunErciyes yang mengatakan bahwa dengan mengambil keputusan ini, pemerintah setempat menunjukkan bahwa masjid adalah refleksi indah dari harmoni, integrasi, toleransi, persatuan, dan solidaritas.

“Kita harus mengangkat suara kita bersama melawan mereka yang diberi makan oleh ketakutan dan kebencian, dan kita harus menunjukkan persahabatan dan solidaritas kitaseperti yang ada dilakukan hariini,” kata Erciyes.

Karena migrasi tenaga kerja pada 1960-an dan beberapa gelombang pengungsi politik sejak 1970-an, Islam telah menjadi agama yang terlihat di Jerman.

Menurut sensus nasional yang dilakukan pada 2011, 1,9% dari populasi Jerman, sekitar 1,5 juta orang, menyatakan diri sebagai Muslim. Perkiraan yang dibuatpada 2015 menghitung bahwa ada 4,4 hingga 4,7 juta Muslim di Jerman; 5,4-5,7% dari populasi. Dari jumlah tersebut, 1,9 juta adalah warga Negara Jerman (2,4%). Menurut kantor statistic Jerman, 9,1% dari semua bayi baru lahir di Jerman memiliki orang tua Muslim pada tahun 2005. (fau/dailysabah/dbs/foto: aaphotos)

 

Baca juga:

Jerman Jadi Tren Destinasi Wisata Halal bagi Muslim Traveler Dunia


Back to Top