Pemerintah Siapkan Sertifikasi Halal Bisnis Kuliner, Hotel, Hingga Spa

gomuslim.co.id - Kementerian Pariwisata tengah menyiapkan pedoman wisata halal. Di antaranya mencakup sertifikasi halal untuk empat bidang usaha. "Untuk langkah awal ada empat bidang usaha yang akan disertifikasi yakni kuliner, hotel, biro perjalanan, dan spa,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Lebih lanjut, kata Arief sertifikasi halal penting sebagai nilai tambah bagi pelaku dan produk pariwisata, meski tidak bersifat wajib. "Sebaiknya para pelaku usaha tidak ragu untuk melakukan sertifikasi bagi bidang usahanya karena dengan demikian ada jaminan produknya halal dan sesuai dengan standar," tambahnya.

 

Baca juga:

Resmi Dirilis IMTI, Ini 10 Destinasi Wisata Halal Terbaik di Indonesia


 

Arief optimis panduan yang akan disusun tersebut dapat mempercepat pertumbuhan wisata halal di Indonesia. Pedoman wisata halal sendiri akan meliputi empat bidang yaitu destinasi, pemasaran, industri, dan kelembagaan. Dalam penyusunan panduan, Kemenpar mengacu pada standar terbaik wisata dunia.

Potensi pariwisata halal di Indonesia dinilainya cukup besar, meski pencapaiannya belum optimal. Selain Lombok, belum banyak daerah yang menjadikan wisata halal sebagai ciri khas wisata.

Di Indonesia, presentase kedatangan wisman halal baru mencapai 20% dan masih terus ditingkatkan. Sebab, di Singapura saja, angka kedatangan wisman halalnya lebih dari 20%. (nov/dbs/katadata)

 

 

Baca juga:

Inisiator Juleha Latih Sembelih Halal


Back to Top