Pesonna Hotel Tegal Raih Predikat Dapur Halal dari MUI Jateng

gomuslim.co.id - Hotel Pesonna menjadi yang pertama dan satu-satunya hotel meraih sertifikat dapur halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat- obatan, dan Kosmetik (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah. Hal itu disampaikan General Manager Pesonna Hotel Saunan Rasyid dalam konferensi pers, Kamis, (27/06/2019).

Saunan mengatakan, mengatakan dengan sertifikat halal ini, maka dia bisa menjamin semua makanan yang keluar dari dapur hotel tersebut aman dan halal dikonsumsi. Sebab, semua bahan makanan hingga peralatannya sudah lulus uji. Menurutnya, mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI Jawa Tengah itu tidak mudah.

Ia mengatakan, saking sulitnya pihaknya harus membuang menu yang tidak memenuhi syarat, seperti sate kambing. Adapun, ketidakbolehan kambing, sebab belum ada pemotongan hewan kambing yang bersertifikasi halal. Jadi tempat potong kambing dan mobil pembawa bahan makanan harus tersertifikasi.

 

Baca juga:

Tingkatkan Pelayanan, Ini Standar Hotel Syariah untuk Wisatawan Muslim di Turki


“Jadi mulai dari kendaraan pengangkut makanannya saja harus dicek apakah memenuhi standar halal atau tidak. Kami sampai membentuk tim khusus yang sudah diberi pelatihan oleh MUI untuk menjamin makanan kami tetap halal,” kata Saunan.

Menurut dia, dengan diperolehnya sertifikasi dapur halal ini, Pesonna Hotel konsisten menjaga kualitas makanan dan cita rasanya. “Pesonna Hotel menjadi satu-satunya hotel yang mengusung konsep halal di Kota Tegal dan menjadi pionir bagi hotel-hotel lainnya,” ujar dia.

Dia mengungkapkan perolehan sertifikat halal ini menjadi capaian yang prestisius. Sebab, tidak mudah sebuah hotel bisa mendapatkan lisensi tersebut. Setidaknya, butuh waktu satu tahun untuk mengurus sertifikat ini.

“Semua produk yang disajikan diperiksa secara menyeluruh. Mulai dari bahan makanan dan minuman dari suplier harus terjamin kehalalannya,” katanya.

Saunan berharap, dengan adanya pengakuan dari MUI ini, bisa menambah kenyamanan para tamu. Sehingga, hotel yang merupakan anak perusahaan PT. Pgadaian (Persero) ini bisa bertambah tingkat huniannya. (nov/dbs/kumparan/panturapost)

 

 

Baca juga:

Hotel Syariah Ini Jadi Magnet Wisatawan di Thailand


Back to Top