#KabarHaji

Inilah Layanan Bimbingan Haji oleh Ditjen PHU Kemenag

gomuslim.co.id Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) memberikan layanan Bimbingan Ibadah Haji kepada jamaah mulai dari tingkat kecamatan hingga di Tanah Suci. Di tingkat kecamatan, jamaah haji akan mendapat Layanan Bimbingan Haji sebanyak 6 hingga 8 kali di Kantor Urusan Agama (KUA).

Berikutnya, jamaah juga kembali akan mendapatkan Layanan Bimbingan Haji sebanyak dua kali di Kementerian Agama tingkat kabupaten atau kota. Layanan juga dilakukan saat berada di embarkasi dan saat jamaah berada di Arab Saudi, yaitu untuk setiap kelompok terbang (kloter), Kemenag menempatkan ada satu petugas dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta penempatan satu orang konsultan ibadah di setiap sektor di Makkah dan Madinah.

 

Baca juga:

Berikan Pelayanan Terbaik, Kerajaan Saudi Bangun Tenda Bertingkat di Mina

 

Layanan bimbingan ibadah Haji diberikan menggunakan metode bimbingan yang terdiri dari, ceramah, tanya jawab, peragaan, praktik manasik, dan simulasi. Direktur Bina Haji, Khoirizi mengingatkan kembali tugas pokok pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji. Dia mengatakan bahwa sudah seharusnya pembinaan ibadah mendapat porsi utama.

“Selama ini kita cukup bangga dengan hasil indeks kepuasan jamaah haji di Arab Saudi, tapi saya minta agar kualitas pembinaan ibadah jamaah haji harus maksimal, tidak boleh berkurang sedikitpun karena menyangkut keabsahan ibadah,” tutur Khoirizi. (nov/hajikemenag/indopos)

 

 

Baca juga:

Tingkatkan Pelayanan Armuzna, Pemerintah Siapkan Tim Mobile Crisis untuk Jemaah Haji 2019


Back to Top