Masuki Tahun ke-3, Program Aparatur Bekasi Mengaji Berhasil Khatam Quran 370 Kali

gomuslim.co.id - Aparatur Pemerintah Kota Bekasi gelar kegiatan membaca Al Qur’an yang sudah memasuki putaran 185 hari, yang berarti 370 khatam Al Qur’an selama tiga tahun program berjalan. Dalam kegiatan syukuran dan doa bersama khatam Al Qur'an bersama aparatur dan pensiunan pegawai Pemkot Bekasi ini dilaksanakan di Aula Masjid Agung Al Barkah. 

Kegiatan ini diikuti Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto, para pejabat dan peserta Bekasi Mengaji. Tri Adhianto mengatakan dukungannya agar program Bekasi Mengaji bisa terus berjalan dan menjadi bagian dari ibadah kepada Allah SWT.

“Saya support penuh karena ini kegiatan yang baik. Insya Allah saya ikkut turut kegiatan ini, kalau nggak begini kadang susah untuk memaksakan diri mengaji, InsyaAllah, program ini akan bisa terus bermanfaat bagi masyarakat, dan khusus bagi pegawai akan meningkatkan kinerja,” kata Tri sapaan akrab Wakil Wali Kota Bekasi ini.

 

Baca juga:

Safari Ramadhan, Wagub Jabar Santuni Yatim dan Dhuafa di Kota Bekasi

 

Doa bersama dan silaturahmi anggota Bekasi Mengaji digelar di Masjid Agung Al Barkah. Masjid yang menjadi ikon Kota Bekasi ini menjadi saksi  akan semangat para peserta Bekasi Mengaji yang anggotanya terdiri dari 60 orang dibagi dalam dua grup media sosial WhatsApp dari pegawai perangkat daerah dan pejabat eselon.

Sementara itu, Ketua Panitia Bekasi Mengaji H Chotim mengatakan mengaji bersama dan berkumpul dalam satu keluarga untuk sama-sama mengingatkan dalam kebaikan.

"Subhanallah, kita saat ini sudah sampai pada putaran ke-185. Ini berarti, secara kolektif kita –jika rajin, sudah 370 kali khatam. Atau secara pribadi sudah 6 kali khatam. Subhanallah. Sesungguhnya, banyak diantara kita tadinya tidak menyangka bisa khatam membaca 30 juz Alquran. Apalagi sampai 6 kali.  Tetapi, karena itu dilakukan bersama-sama, berjamaah, alhamdulillah ternyata bisa. Karena saling menyemangati," kata H Chotim.

Katanya, di antara peserta Bekasi Mengaji termasuk Pak Wakil Walikota DR H Tri Adhianto, Asda, Kepala Dinas dan juga staf.

"Beberapa dari mereka adalah pensiunan karena rasa cinta mengaji, seperti Dr Titi, Pak Udy Subiadi, Pak Cucu, atau Pak Haji Dadang dan lainnya. Bahkan, pak Ustaz Ahmad Syaikhu, mantan Wakil Walikota Bekasi periode 2013-2018 sampai kini masih sangat aktif mengaji," sambungnya.

Chotim bercerita tentang awal peluncuran Program Bekasi Mengaji, yang sebenarnya hanya konsep yang sederhana dari tiga tahun lalu.

“Saat itu, ketika saat itu bertemu Pak Walikota Rahmat Effendi di area CFD. Pak Wali katakan ‘Bagus itu, besok kita bahas bersama bagian Kesos’. Lalu kegiatan ini juga di support oleh Wakil Wali Kota Sebelumnya Pak Syaikhu,” cerita Chotim.

Kemudian perjalanan waktu, acara khataman dilakukan rutin. Setidaknya, sudah dua kali khataman di lakukan saat putaran ke-10 dan ke-20 di Pendopo Walikota. Kedua acara itu mendapat respon baik Walikota Bekasi dan turut menghadiri.

"Subhanallah. Putaran pertama, saat itu sempat membuat daftar sampai 4 grup, dimana satu grup ada 30 peserta. Semua ikut. Bahkan Pak Walikota juga ambil bagian dalam mengaji. Pak Tri Adhianto, yang saat itu masih Kepala Dinas juga sudah aktif. Tercatat ada 120 pegawai yang ikut. Kebetulan saat itu pas Ramadhan, jadi semangatnya juga lagi bagus," kata Chotim.

Pada acara khataman ke-30 waktu itu bahkan berlangsung lebih semarak karena mendatangkan dai kondang Aa Gym (KH Gymnastiar). Dan pelaksanaannya pun digabung bersama peringatan Isra Miraj di Islamic Center Bekasi didukung bagian Kessos Setda Kota Bekasi.

Selain itu, Chotim juga menyampaikan beberapa rencana program kedepan yang dilakukan anggota Bekasi Mengaji dan untuk mendukung program terwebut perlu dibentuk kepanitiaan.

Katanya, berbagai program yang rencananya akan digelar Bekasi Mengaji antara lain Dharma Wanita/Ibu-ibu mengaji, grup mengaji setiap OPD, bengkel Alfatihah di  CFD, Touring Religi Sowan  Kyai, Bekasi Mengaji Peduli, Hidangan Jumat Barokah, Wakaf Alquran, dan Khataman rutin dan Akbar bersama Walikota dan Wakil Walikota Bekasi.

"Demikianlah, setelah mengharapkan ada semacam panitia kecil sehingga kegiatan bisa istiqomah, pada  sejumlah program yang semoga bisa dilaksanakan bersama dengan penuh keihlasan, demi keberkahan Kota Bekasi tercinta," harap H Chotim. (hmz/rilis/humaspemkotbekasi)

 

 

Baca juga:

Tri Adhianto: Peringatan Isra Mi'raj Jadi Momen Intropeksi Diri


Back to Top