BPJPH Sebut Sertifikasi Halal Bisa Jadi Daya Saing 

gomuslim.co.id – BPJPH terus mensosialisasikan kinerja dan wewenang BPJPH dalam regulasi sertifikasi halal. BPJPH terus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bersertifikat halal.

“Kami akan lakukan pengawasan yang massif. Selain pengawasan juga akan dilakukan pembinaan. Kami bangun kesadaran masyarakat, untuk segera mamproses sertifikasi halal karena prosesnya yang panjang” kata Kepala Bidang Pengawasan Jaminan Produk Halal BPJPH Edi Mawardi kepada gomuslim Sabtu (29/6/2019) di Jakarta Convention Center.

Lebih lanjut ia menuturkan, masyarakat seharusnya turut mendukung gerakan sadar halal ini mengingat proses pembuatan produk yang bisa saja melalui proses tidak halal. Menurut Edi, hadirnya sertifikasi halal yang diterbitkan BPJPH bagi produk UMKM akan menjadi daya saing tersendiri. Berbanding lurus pula dengan kesadaran masyarakat sehingga produk yang tidak bersertifikat halal akan terpinggir dengan sendirinya.

 

Baca juga:

Urus Sertifikasi Halal Anti Ribet, BPJPH Siapkan Sistem Informasi Halal

 

“Kalau produknya jelas tidak halal makan usaha tersebut wajib mencantumkan keterangan bahwa produk yang dijual merupakan produk tidak halal. Namun sebaliknya jika halal maka wajib mengurus sertifikasi halal. Meski memang tidak ada sanksi yang diberlakukan. Hanya berpengaruh pada daya saing, nilai jual dimata konsumen.” papar Edi.

Hal itu turut diamini oleh Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Diana Yumanita. Diana menyebutkan, inflasi yang terjadi karena tingginya arus masuk barang impor di sektor makanan. Padahal seharusnya kita harusnya sadar kalau persaingan penjualan produk tak hanya dari dalam saja namun juga bersaing dengan produk luar.

“Jika kita tak menaikkan value produk kita, kita bisa digilas oleh produk luar negeri, impor. Yang mereka mengklaim produknya halal dan lain-lain. Jepang saja sadar kalau wisatawan banyak datang dari Indonesia maka mereka banyak membuat resto halal dan lainnya.” kata Diana.

Menurutnya, Sertifikasi Halal bisa menjadi sebuah upaya untuk terus menjaga daya saing dan menjaga produk agar tetap bagus di mata konsumen. (nov/gomuslim)


Back to Top