Ini Respon DMI Terkait Wanita Bawa Anjing ke Masjid

gomuslim.co.id – Dewan Masjid Indonesia (DMI) memberikan pernyataan resmi terkait seorang wanita yang membawa anjing dan memarahi jemaah ke Masjid Al Munawwarah, Sentul, Bogor. Ketua Harian DMI, Syafruddinmengatakan perbuatan tidak terpuji tersebut, apa pun latar belakang dan alasan pelaku.

“Kami mengutuk keras perbuatan itu apapun alasannya, latar belakang dan kondisinya. Kami menginginkan aparat penegak hukum maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor agar menangani perkara secara transparan, terbuka, tidak ada yang ditutupi,” ujarnya di Kantor DMI Jalan Jenggala, Kebayoran Baru, Senin, (01/07/2019).

Ia menjelaskan bahwa DMI perlu untuk menyatakan sikapnya karena jika dibiarkan isu dapat berkembang liar dan informasi menjadi bias dan dapat mengganggu stabilitas kehidupan masyarakat Indonesia. Terlebih, isu itu terkait dengan masalah keumatan yang jika tidak ditangani dengan baik dapat memicu perselisihan.

Karena itu, pihaknya mendesak agar penanganan perkara secara terbuka itu diberitahukan ke publik dan media dibebaskan untuk mengakses prosesnya. Supaya tidak terjadi fitnah karena berita bias yang dapat menghebohkan masyarakat.

“Saya mengimbau kepada para organisasi Islam lain, majelis untuk memberikan pencerahan yang baik kepada umat Islam, dan seluruh anak Indonesia untuk menyikapi masalah ini dengan ketulusan hati dan kesabaran,” jelas dia.

 

Baca juga:

DMI: Arah Kiblat Berpindah, Garis Shaf Bisa Diubah Tanpa Bongkar Masjid

 

Selain itu, Syafruddin meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama agar ikut merespons menyikapi persoalan tersebut karena menyangkut masalah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Bagi kita semua agar tidak menjadikan persoalan ini sebagai ajang perdebatan yang menyebabkan kita terbelah satu sama lain. Sebaiknya masyarakat untuk mengawasi saja pelaksanaan penanganan hukum yang tengah berjalan sampai saat ini,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Andi M. Dicky Pastika mengatakan saat ini pihaknya sudah membawa perempuan berinisial SM (52 tahun) yang juga merupakan warga Sentul itu untuk melalui pemeriksaan.

Andi menjelaskan kronologi singkat kejadian tersebut. Pada mulanya perempuan berinisial SM itu hendak mencari suaminya di dalam masjid. Kejadian tersebut berlangsung pada Minggu (30/06/2019) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Kronologis singkat SM memasuki masjid Al Munawaroh dengan membawa hewan Anjing dengan tujuan mencari suaminya, Atas kejadian tersebut, oleh jamaah, SM diusir ke luar masjid dan tidak lama kemudian petugas polsek yang datang di TKP mengamankan pelaku," ujar Andi.

SM kemudian dibawa ke Polres Bogor untuk dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. Sampai sejauh ini, Polres Bogor sudah mengumpulkan empat orang saksi yang berasal dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan jamaah masjid Al Munawaroh untuk dimintai keterangan. (jms/dbs/foto:tribun)

 

 

Baca juga:

11 Masjid di Biak Atur Ulang Arah Kiblat Sholat


Back to Top