Kejari Bekasi Gelar Isbat Nikah untuk Legalkan Pasangan Lama dalam Dokumen Negara

gomuslim.co.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bekasi menggelar Nikah masal di kantor Pengadilan Agama Kota Bekasi pada Senin (1/7/2019). Dalam kegiatan tersebut, sedikitnya 48 pasangan melakukan pernikahan di Kelurahan Jatimekar dalam sidang isbat nikah.

Kepala Seksie (Kasie) Intel Kejaksaan Negeri Bekasi, Lukman Hakim mengatakan, Isbat Nikah ini merupakan program yang dijalankan Kejari Bekasi guna memberikan kesempatan kepada warga Kota Bekasi untuk melegalkan pernikannya. Tujuannya agar tercatat resmi sebagai pasangan suami-istri dalam dokumen Negara.

“Isbat nikah ini diikuti pasangan suami-istri yang sudah lama menikah tapi tidak memiliki buku nikah. Semuanya diantara mereka telah memiliki keturunan yang banyak,” ungkap Lukman di Pengadilan Agama Bekasi.

 

Baca juga:

Masuki Tahun ke-3, Program Aparatur Bekasi Mengaji Berhasil Khatam Quran 370 Kali

 

Menurut Lukman, sesuai data yang berada di pengadlan Agama Kota Bekasi, masih banyak warga yang belum memiliki buku nikah. Oleh karena itu, program ini diharapkan dapat terus berjalan seiring dengan jalinan kerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi.

“Kalau mau di cek setiap wilayah, masih banyak juga warga yang menikahnya sudah lama, tapi belum memiliki buku nikah,” ungkapnya.

Melalui program ini, Lukman berharap, adanya kesadaran masyarakat dalam urusan dokumen negara yang satu ini (buku nikah).

“Poin intinya, kita ingin terbangunnya kesadaran masyarakat atas dokumen pernikahannya ini. Selain itu program ini sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kejaksaan pada tanggal 22 Juli mendatang,” tutupnya.

Sementara, M Nur, warga RT 03 RW 08 Kelurahan Jatimekar, merasa bersyukur atas program isbat nikah ini. Menurutnya, buku nikah menjadi salah satu syarat jika ingin berangkat Haji bersama istri.

“Alhamdulillah, nanti setelah ini, kita dibawa ke Kantor Urusan Agama (KUA) untuk dicatat sebagai pasangan yang sah secara negara. Mudah-mudahan, nanti kalau ada rezeki, setelah ada buku nikah, barangkali saya bisa pergi Haji sama Istri,” imbuhnya, usai melangsungkan isbat nikah di Pengadilan Agama Kota Bekasi. (hmz/rilis/kabartiga)

 

Baca juga:

Garbi Kota Bekasi Kirim Santunan di Empat Lokasi di Kota Bekasi


Back to Top