Alhamdulillah, Rp 40 Juta Terkumpul dari Zakat Profesi Pegawai Kemenag Banyuwangi

gomuslim.co.id – Baznas Kabupaten Banyuwangi telah mengumpulkan sebanyak 40 juta rupiah setiap bulan dari gaji para pegawai di lingkungan Kementerian Agama. Gaji tersebut langsung dipotong zakat profesi sebesar 2,5 persen setiap bulan.

Untuk diketahui, potongan zakat profesi itu sudah berjalan sejak 2010-2011 lalu. Para pegawai menandatangani surat pernyataan bahwa gaji mereka dipotong 2,5 persen setiap bulan.

"Kita mensosialisasikan zakat profesi ini kepada instansi pemerintahan yang lain serta kepada masyarakat melalui kegiatan penyuluhan-penyuluhan yang dilakukan oleh para penyuluh. Dan di instansi kita sudah langsung dipotong 2,5 persen dari gaji," kata Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Drs. Muklis M.Ag. di Kantor Kemenag Banyuwangi.

 

Baca juga:

Menag Dukung Baznas Segera Audiensi dengan Presiden Terkait Zakat ASN

 

Jumlah dana zakat yang terkumpul rata-rata perbulan sebesar 40 juta rupiah yang ditotal dari zakat para pegawai di Kantor Kemenag Banyuwangi, pegawai KUA dan penyuluh PNS di tiap kecamatan, serta dari guru dan pegawai di lingkungan lembaga pendidikan Islam di bawah Kementerian Agama Banyuwangi.

Sementara Leni, seorang penyuluh PNS dari KUA Kecamatan Kabat menuturkan dirinya lebih senang zakat profesi dipotong langsung dari gajinya setiap bulan. "Kalau bayar sendiri agar repot dan kalau dikeluarkan setiap tahun jadi terasa besar. Kira-kira setiap bulan gaji kotor saya dipotong sekitar Rp 90 ribuan," katanya.

Sebagai penyuluh PNS golongan dua ia menerima gaji kotor sebesar Rp 3,4 juta, ditambah tunjangan kinerja Rp 2,39 juta dan lauk-pauk sesuai hari kerja rata-rata Rp 600 ribu perbulan. Dari jumlah itu jika diakumulasi pertahun, menurut Leni, mestinya ia sudah wajib zakat.

Selain pegawai Kementerian Agama menurut Leni, sejauh ini instansi pemerintahan di Banyuwangi yang pegawainya sudah bersedia langsung dipotong zakat profesi dari gaji bulanan adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) dan Puskesmas. (nov/bimasislam)

 

 

Baca juga:

ASN Kemenag Ini Terpilih Wakili Indonesia Uutuk Ikuti Study of The U.S. Institutes for Secondary Educators


Back to Top