Grup Musik Religi Bimbo Harap Bisa Kolaborasi Kembali dengan Penyair Taufiq Ismail

gomuslim.co.id - Pelantun lagu ‘Sajadah Panjang’ yang dilantunkan grup musik legendaris Bimbo dengan kolaborasi Taufiq Ismail membawa kerinduan yang mendalam bagi para personil Bimbo. Pihaknya berharap dapat membuat karya lagi bersama dengan penyair Taufiq Ismail. Kerja sama di antara keduanya telah berlangsung sejak era 1970-an sampai saat ini.

"Semoga kami masih bisa kerja sama, baik berupa lirik-lirik lagu ciptaan Pak Taufiq maupun syair Pak Taufiq yang kami buat menjadi lagu," tutur Jaka Bimbo, dalam acara syukuran ulang tahun Taufiq Ismail ke-84, di Jakarta Timur, akhir pekan lalu.

Jaka mengingat lagu “Sajadah Panjang” yang pertama kali direkam pada 1984. Setelah 35 tahun berlalu, ia berharap akan ada kolaborasi lagi.

Bersama dengan Acil Bimbo, keduanya menceritakan proses pertemuan Bimbo dengan Taufiq. Pada era 1970-an, tepatnya pada 1973, Bimbo ditawari untuk pentas di Taman Ismail Marzuki.

Saat itu, Bimbo menyetujui dengan sebuah persyaratan, antara lain, keinginan membawakan beberapa lagu yang liriknya ditulis oleh beberapa sastrawan Indonesia, salah satunya adalah Taufiq Ismail.

 

Baca juga:

Pengamat Musik: Musik Religi di Indonesia Berkembang dari Zaman ke Zaman

 

Jaka mengenang, penonton memberikan sambutan yang sangat baik terhadap lagu-lagu tersebut. Baik Acil dan Jaka tak menyangka lagu yang diadaptasi dari syair milik sastrawan kenamaan.

Kemudian, sejak saat itu lagu-lagu Bimbo mulai banyak yang menggunakan lirik dari puisi Taufiq Ismail. Kerja sama itul masih berlanjut sampai saat ini.

“Bang Taufiq itu masuk ke dalam bagian dari sejarah Bimbo,” pungkas Acil.

Bimbo tak terikat kontrak dengan label manapun saat ini. Grup musik yang terdiri atas Sam, Acil, dan Jaka ini belum menelurkan karya lagi.

Faktor usia pun diakui mereka menjadi salah satu faktor yang membuat Bimbo sulit untuk bekerja sama lagi, terlebih bersama dengan Taufiq Ismail.  Jaka yang berusia 76 tahun menyebut Taufiq telah berusia 84 tahun dan Sam kini sudah 77 tahun sehingga agak sulit mencari momen yang pas.

Meskipun demikian, baik Bimbo maupun Taufiq Ismail masih berharap masih bisa akan kembali berkolaborasi lagi. Ketika ditanya mengenai ini, Taufiq menyebut sampai saat ini keduanya masih kerap berkomunikasi.

Pada momentum syukuran ulang tahun Taufiq Ismail ke-84, Acil dan Jaka sama-sama merasa bahagia. Keduanya mendoakan Taufiq bisa panjang umur dan sehat selalu.

"Kami harapkan semoga Bang Taufiq panjang usia, tetap sehat, dan selalu diberikan yang terbaik di dalam budaya Indonesia,” jelas Acil.

Sastrawan Indonesia Taufiq Ismail berulang tahun ke-84 pada 25 Juni lalu. Taufiq bersama dengan keluarganya lalu menggelar syukuran ulang tahun sekaligus  peluncuran sebuah DVD Meniti Kehidupan yang merangkum perjalanan perjuangannya sebagai sastrawan Indonesia. (nat/rep/dbs/foto:liputan6)

 

Baca juga:

Pengamat Musik: Sabyan Gambus Bangkitkan Musik Religi

 


Back to Top