Aktor Muslim Hollywood Ini Desak Pimpinan Ubah Citra Islam Lewat Film

gomuslim.co.id – Aktor muslim berdarah Inggris-Pakistan, Riz Ahmed meminta para pemimpin Hollywood untuk bertindak mengurangi sentimen Islamofobia di media. Caranya dengan menghadirkan lebih banyak Muslim dan mengubah citra mereka di film mereka. Pernyataan tersebut disampaikannya dalam konferensi CAA Amplify di Ojai, California.

"Upaya seniman atau pendongeng individu mungkin berani, mereka mungkin progresif, mereka dapat bertindak sebagai suara harapan bagi orang lain. Tetapi dalam menghadapi prasangka institusional, ada hambatan sistemik, upaya kita kadang-kadang masih bisa gagal,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Chicago Tribune, Rabu (03/07/2019).

Riz Ahmed dikenal sebagai aktivis dan actor. Ia juga dikenal sebagai aktor Muslim pertama yang memenangkan Emmy. Beberapa film yang dibintanginya seperti "The OA," "Rogue One: A Star Wars Story" dan "The Night Of,".

Meskipun wajahnya bermunculan di mana-mana, Ahmed mengungkapkan bahwa ia terus dihentikan, dicari, dan diwawancarai di bandara karena rasnya.

"(Hasan Minhaj) bisa memenangkan Peabody, saya bisa memenangkan Emmy, Ibtihaj Muhammad bisa memenangkan Olimpiade, tetapi beberapa dari hambatan ini bersifat sistemik, dan kita tidak bisa benar-benar menghadapi mereka sendirian," katanya.

 

Baca juga:

Riz Ahmed Jadi Aktor Muslim Pertama yang Menang dalam Emmy Award AS

 

Ia menyebutkan bahwa dirinya membutuhkan bantuan pimpinan Hollywood terkait hal ini. Karena saat ini, kata dia, sangat menakutkan untuk menjadi seorang Muslim.

"Dengan segala keistimewaan dan profil saya, saya sering bertanya-tanya apakah ini akan menjadi tahun mereka mengumpulkan kita, jika ini adalah tahun mereka akan menerapkan pendaftaran Muslim Trump ke dalam tindakan, apakah ini akan menjadi tahun mereka kirim kami semua,” ungkapnya.

Hal tersebut menyusul insiden internasional Islamophobia, termasuk nasionalisme berbasis Brexit di Inggris dan Muslim Uighur ditahan di kamp-kamp penahanan di Tiongkok. Riz Ahmed menjadi aktor Muslim pertama, serta aktor Asia Selatan pertama, yang memenangkan Emmy for Outstanding Lead Actor dalam Seri Terbatas pada September 2017. Penghargaan itu diberikan untuk perannya sebagai Nasir Khan di "The Night Of."

Aktor 36 tahun ini sebelumnya berbicara tentang stereotip dalam casting Hollywood. Pada bulan Juni 2017, dia mengatakan kepada Hollywood Reporter bahwa dia “lebih baik dibubarkan” daripada menjadi typecast sebagai “Teroris No. 3.”

Berbicara kepada Parlemen pada bulan Maret, ia memperingatkan bahwa kurangnya keragaman di televisi dapat menyebabkan ekstremisme, khususnya perekrutan ke dalam ISIS. (jms/chicagotribune/aboutislam)

 

 

Baca juga:

Kedua Kalinya, Aktor Muslim Ini Kembali Raih Piala Oscar 2019


Back to Top