Bank Sentral Filipina Percepat Penerbitan Aturan Keuangan Syariah

gomuslim.co.id – Bank Sentral Filipina akan mempercepat penerbitan peraturan untuk pengembangan keuangan Islam di negara itu. Hal tersebut dilakukan setelah hukum perbankan Islam disetujui oleh presiden dan RUU mengenai perbankan Islam telah disahkan oleh kedua majelis Kongres.

Gubernur Bank Sentral Filipina, Benjamin Diokno mengatakan undang-undang tersebut akan memberlakukan kerangka hukum dan peraturan yang baik untuk pengembangan bank-bank Islam di Filipina.

“Bank sentral akan mengeluarkan surat edaran dalam beberapa bulan setelah persetujuan dan penandatanganan RUU perbankan Islam. Itu tidak memberikan waktu ketika presiden diharapkan untuk menyetujui dan menandatangani RUU perbankan Islam,” demikian seperti dilansir dari publikasi Manila Bulletin, Jumat (5/7/2019).

Filipina sendiri telah mempercepat pertumbuhan sektor ekonomi Islam dalam beberapa tahun terakhir. Ketertarikan negara Asia Tenggara pada keuangan Islam terutama karena dua hal. Untuk menarik investasi asing dan modal syariah sensitif dari negara-negara Islam, serta untuk memberikan opsi perbankan Islam bagi sekitar 10 juta populasi Muslim di Negara tersebut.

 

Baca juga:

Masuk Pasar Global, Pemerintah Filipina Tumbuhkan Perdagangan Halal

 

Negara ini juga berharap dapat meningkatkan ekspornya ke negara-negara mayoritas Muslim dan telah mengembangkan infrastruktur halal untuk mendukung tujuan ini. Filipina juga terus berupaya menambah lebih banyak restoran halal guna menarik wisatawan muslim.

Skema sertifikasi halal nasional diluncurkan tahun lalu oleh Badan Pengembangan dan Promosi Ekspor Halal Filipina. Februari lalu, Departemen Sains dan Teknologi membuka Laboratorium Halal Nasional dan Pusat Sains Filipina. (jms/salaamgateway/manila bulletin)

 

 

Baca juga:

Belajar Kelola Zakat, 20 Warga Muslim Mindanao Filipina Sambangi Baitul Mal Aceh

 

 


Back to Top